Jumat, 15 Januari 2021 12:25

Diskon Bayar Listrik di Cimahi dan KBB Diperpanjang, Ini Rinciannya Pelanggan yang Berhak

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi PLN
ilustrasi PLN [net]

Limawaktu.id - Sebanyak 200 ribu pelanggan listrik daya 450 VA di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), serta Margaasih (Kabupaten Bandung) masih menikmati listrik gratis hingga Maret 2021.

Artinya, tidak ada tagihan listrik tiga bulan ke depan bagi warga miskin sesuai kriteria tersebut. Tak cuma itu, pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi yang mencapai 55 ribu juga akan mendapatkan diskon tarif 50 persen.

"Itu program sejak tahun lalu, tapi diperpanjang sampai Maret d perpanjangnya. Yang 450 VA gratis, 900 VA 50% bagi yang punya BDT (Basis Data Terpadu)," terang Manager Bagian Pemasaran Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Cimahi, Moh. Nizar Anwaruddin saat dihubungi, Jumat (15/1/2021). 

Dikatakannya, program tersebut merupakan
intruksi dari Presiden Joko Widodo dan PLN pusat untuk membebaskan dan memberikan diskon bagi pelanggan pemilik Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) dan yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT).

“Pada intinya kami PLN di Unit sangat men-suport apa yang sudah ditetapkan pemerintah dan meneruskan delegasi tugas dari PLN Pusat," jelas Nizar. 

Untuk pelanggan pascabayar yang mendapatkan pembebasan biayan maupun diskon, terang Nizar, pelanggan langsung di bebaskan dari pembayaran.

“Kalau yang pascabayar ini otomatis pelanggan langsung gratis,” jelasnya.

Sedangkan untuk yang pelanggan prabayar, kata Nizar, pelanggan bisa mengakses website PLN, aplikasi PLN Mobile dan beberapa media sosial seperti WhatsApp dan telegram. 

"Kalau pelanggan yang biasa bayar manual, rekeningnya munculnya Rp 0, karena dapat stimulus dari pemerintah itu," beberapa Nizar. 

Sejauh ini, lanjut Nizar, PLN UP3 Cimahi tidak hanya memberikan pembebasan pembayaran rekening listrik dan diskon saja. Namun ada hal yang lebih penting yakni, pihaknya tetap siaga dalam menjaga kehandalan pasokan listrik di tengah pandemi COVID-19.

Di antaranya, menjaga kehandalan rumah sakit yang sudah ditetapkan sebagai rujukan pemerintah, seperti Rumah Sakit Dustira dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi.

“Langkah tersebut merupakan dukungan kami terhadap kebijakan pemerintah sekaligus membatasi interaksi antara petugas kami dengan warga,” terangnya.

Agar memudahkan masyarakat, saat ini PLN unit Cimahi memaksimalkan sejumlah layanan yang bersifat virtual seperti PLN Mobile, Website, dan Call Center 123.
 

 

Baca Lainnya

Topik Populer