Rabu, 23 Mei 2018 15:58

Diskominfoarpus Kota Cimahi Tuntut Dinas Siap Kembangkan Smart City

Reporter : Fery Bangkit 
Cimahi Smart City.
Cimahi Smart City. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kota cimahi resmi ditetapkan sebagai salah satu daerah pengembangan 'smart city Indonesia' oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Untuk itu, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi harus siap menyesuaikan dengan konsep 'Smart City'.

Baca Juga : Realisasi Investasi Cimahi Sepanjang 2017 Mencapai Rp 8,9 Triliun

Hal tersebut ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Mochammad Ronny saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Rabu (23/5/2018).

"Dinas (SKPD) harus siap karena MoU sudah ditandatangani Wali Kota dengan Kominfo," katanya.

Baca Juga : Pemkot Cimahi akan Evaluasi SOTK Baru

Penerapan Smart City merupakan upaya dari pemerintah untuk mempermudah dan mempercepat akses pelayanan terhadap masyarakat.

Ronny menambahkan, dalam pengembangkan smart city, ada beberapa unsur pelayanan yang akan dimasukan. Di antaranya pelayanan bidang ekonomi, hunian, tata kelolang pemerintahan, lingkungan dan lain-lain.

Baca Juga : KadinsosP2KBP3A Kota Cimahi Dukung Dinasnya Dipecah Lagi

Untuk penerapan di Kota Cimahi, lanjut Ronny, sudah diawali dengan sosialisasi terhadap semua SKPD. Kemudian, akan ditindaklanjuti dengan pembuatan master plan.

Khusus pembuatan master plan, harus selesai selama empat bulan pasca Bimbingan Teknis (Bimtek) nanti. "Yang dibangun kita masih parsial. Jadi, bagaimana sistem di SKPD itu emuanya terintegrasi. Misal data kependudukan," terangnya.

Selain itu, ke depan pihaknya juga akan membentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kota Cimahi.

Baca Lainnya