Rabu, 5 Oktober 2022 20:09

Disidak Dewan Lurah di Cimahi Selatan Curhat Soal Banjir hingga Kekurangan Pegawai

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Lima Kepala Kelurahan di Kecamatan Cimahi Selatan mengujngkapkan unek-uneknya saat didatangi Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi, di Kantor Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (5/10/2022).

ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi Hendra Saputra bersama anggota yaitu Wahyu Widyatmoko, Yulianawati, Oneng Aminah dan Sobari melalukan kegiatan Inspeksi Mendadak (Sidak) terkait dengan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh para lurah di Kecamatan Cimahi Selatan.

Saat sesi dialog antara Komisi I DPRD Kota Cimahi, para lurah mengungkapkan berbagai persoalan yang terjadi di Kecamatan Cimahi Selatan, mulai masalah banjir, aset-aset pemerintah, kondisi kekuranga PNS di kelurahan, PTSL hingga masalah rentenir yang mengakibatkan kerugian masyarakat.

Ketua Komisi I Hendra Saputra mengatakan pihaknya banyak mengetahui berbagai persoalan yang ada di kelurahan sehingga harus dilakukan komunikasi antara pihak legislatif dengan eksekutif Cimahi.

Dia mencontohkan,  terkait dengan program PTSL, pihaknya akan mencoba untuk mengadakan pertemuan antara semua pihak baik Kelurahan dengan BPN Cimahi yang akan difasilitasi oleh Komisi I DPRD Cimahi agar semuanya bisa dituntaskan.

Sementara soal Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan yang banyak berdiri pabrik, pabrik, tapi CSR nya tidak jelas.

“Nanti DPRD Cimahi akan mempertemukan pihak Kelurahan yang ada di Kecamatan Cimahi Selatan dengan Apindo Kota Cimahi,” katanya.

Sedangkan masalah aset – aset yang dimiliki oleh Pemkot Cimahi yang selama ini kurang diperhatikan, Komisi I DPRD Cimahi akan melakukan pertemuan dengan pihak Kelurahan dengan Pemkot Cimahi bagian aset, agar pihak kelurahan tahu, yang mana aja aset pemerintah yang bisa dimanfaatkan.

“Karena dari aset ini, banyak yang bisa kita manfaatkan untuk masyarakat,” ucap Hendra Saputra.

Hendra melanjutkan, mengenai banjir memang ini masalah yang lama, walau setiap ganti lurah, permasalahannya hanya itu – itu saja, nanti Komisi I DPRD Cimahi akan berkomunikasi dengan pihak Pemkot Cimahi dengan Dinas terkait agar lebih memperhatikan penyebab dan akibat dari banjir

“Agar masyarakat tidak tersiksa di saat musim hujan yang menyebabkan banjir di tempatnya,” tegas Hendra Saputra.

Komisi I juga membahas terkait Bank Emok, yang selama ini dianggap penyebab permasalahan di tingkat keluarga, yang menyebabkan kerugian masyarakat.

Dewan  berharap para Lurah untuk mensosialisasikan kepada semua Ketua RW untuk mencegah masyarakat yang akan atau menghindari pinjaman dari Bank Emok.

“Lebih baik berkomunikasi dengan pihak Kelurahan mungkin ada program yang bisa membantu masyarakat seperti dibentuk Koperasi di setiap wilayah RW,” tutup Hendra Saputra.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Cimahi Selatan  Cepi Rustiawan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kota Cimahi ke Kecamatan Cimahi Selatan, yang dinilainya bermanfaat sehingga terjadi komunikasi yang sinergi antara legislatif dengan eksekutif

“Kami sebagai pelaksana kebijakan politik, siap untuk melaksanakan pelayanan di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan,” pungkasnya.

Baca Lainnya