Senin, 25 Desember 2017 16:51

Dishub Kota Cimahi Kaji Penambahan Trayek Lokal Baru

Reporter : Fery Bangkit 
Terminal Pasar Antri Baru.
Terminal Pasar Antri Baru. [Net]

Limawaktu.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mengakui, jumlah angkutan umum atau angkot yang ada di Kota Cimahi sudah overload.

Saat ini, jumlah angkutan umum di Kota Cimahi mencapai 430. Sementara Trayek yang dimiliki hanya tiga. Yakni trayek Cimindi-Pasar Antri, Cibeber-Pasar Antri via Contong serta Cibeber-Pasar Antri via Leuwigajah.

"Total 430-an angkutan itu sudah overload, karena angkutan yang melinats pada terayek Lokal sering bertumupkan," ujar Ranto Sitanggang, Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi, Senin (25/12/2017).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya berencana akan melakukan penambahan trayek. Khususnya di wilayah yang selama ini belum terjamah trayek angkot lokal Kota Cimahi. Saat ini, kata Ranto, pihanya tengah melakukan kajian terkait rencana penambahan trayek lokal tersebut.

"Kita akan membuka trayek Baru yang memang selama ini trayek lokal Cimahi belum melayani maysarakat yang ada di wilayah utara, khusunya ke daerah Jalan Permana, ini belum terlayani oleh angkutan umum," katanya.

Berdasarkan hasil kajian sementara, lanjut Ranto, trayek lokal di wilayah utara akan masuk ke Jalan Kamarung menuju Jalan Permana, kemudian masuk ke area Ciawi Tali serta melintasi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.

"Dan ending-nya di Jalan Pesantren," ucapnya.

Selain di wilayah utara, pihaknya pun tak menutup kemungkinan akan membuka trayek lokal di wilayah tengah.

"Ketika sudah diaktifkan fly over Padasuka itu, kita rencana apakah bisa memungkinan ada trayek lokal ke arah sana," tuturnya.

Bila penambahan trayek lokal sudah terealiasi, katanya, maka pihaknya akan mengalihkan sebagian angkot dari 430 yang ada ke trayek baru.

"Yang sudah ada kan sudah overload, kita akan distribusikan sebagian ke trayek yang baru," tandasnya. (kit)

Baca Lainnya