Kamis, 24 Desember 2020 11:52

Dishub Jabar Terjunkan 300 Personil saat Libur Natal 2020

Reporter : Bubun Munawar
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengecek kesiapan posko Dinas Perhubungan (Dishub) jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (23122020).
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengecek kesiapan posko Dinas Perhubungan (Dishub) jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (23122020). [Humas Jabar]

Kab. Bandung, - Pemda Provinsi Jabar menyiapkan rapid test antigen untuk wisatawan guna mencegah penularan COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan, serta mempersiapkan pendukung bagi masyarakat yang merayakan libur Natal maupun tahun Baru.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan alat penyedot air sebagai antisipasi apabila terjadi banjir di jalur mudik maupun wisata. Alat berat pun akan disiapkan di titik-titik rawan longsor.

"Petugas yang diturunkan ini sesuai yang apel di Gedung Sate, yaitu kolaborasi antara TNI/Polri, Dishub, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan pihak lainnya," katanya, disela monitoring kesiapan posko Dinas Perhubungan (Dishub) jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (23/12/2020).

Sementara, Sekretaris Dishub Provinsi Jabar Idat Rosana mengatakan, pihaknya akan menurunkan sekitar 300 personel saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Digabung dengan personel Dishub Kota/Kabupaten di Jabar, maka keseluruhan personel Dishub yang bertugas di seluruh Jawa Barat ada sekitar 1.600 personel," kata Idat.
Ditempat yang sama, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bandung Isnuri Winarko melaporkan bahwa pihaknya akan melakukan traffic counting atau perhitungan arus volume kendaraan.

Meski perhitungan arus volume kendaraan dilakukan di semua pintu masuk Kabupaten Bandung, kata Isnuri, pihaknya akan fokus di Nagreg dan Ciwidey. Dua kawasan tersebut merupakan perlintasan tujuan mudik dan wisata.
"Wilayah mudik melintasi Nagreg. Kemungkinan ada peningkatan arus dimulai malam ini karena besok pagi sudah mulai libur," ucap Isnuri.

"Berapa peningkatannya masih kita pantau, prediksi kenaikan arus perkiraan sekitar pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB, biasanya akan terlihat," imbuhnya.
Adapun di Ciwidey, pemantauan dilakukan guna memonitor pergerakan arus wisata. "Diperkirakan tanggal 24, 25, 26, 27 Desember arus wisata lokal akan meningkat," katanya.

Baca Lainnya