Kamis, 4 April 2019 9:38

Dishub Cimahi Belum Terima Sosialisasi Larangan Merokok Ketika Naik Motor

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id – Surat edaran maupun sosialisasi terkait larangan merokok ketika mengendarai sepeda motor belum sampai ke tangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi.

Larangan merokok ketika berkendara itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)12 tahun 2019 tentang Perlindungan keselamatan Pengguna Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Cimahi, Ruswanto mengatakan, untuk meearapkan aturan tersebut, di Kota Cimahi pihaknya harus mendapat arahan terlebih dahulu terkait teknisnya dari Kemenhub RI.

"Kami belum mendapat arahan dari pusat terkait aturan itu, jadi hingga saat ini untuk di daerah (Kota Cimahi belum diterapkan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/4/2019).

Ia mengatakan, apabila Dishub Kota Cimahi sudah mendapat arahan dari pusat, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Satuan Lalu lintas Polres Cimahi untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat.

"Kalau sudah ada arahan, pasti kami berkoordinasi dengan aparat kepolisian karena bagaimana pun aturan itu penegakan hukumnya dilakukan oleh mereka," ucapnya.

Sebelum diterapkannya aturan tersebut, kata dia, Dishub Kota Cimahi bersama aparat kepolisian akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak melanggar aturan yang diberlakukan Kemenhub pada 11 Maret 2019 itu.

"Jadi saat pelaksanaanya pengendara harus mengikuti aturan, kalau melanggar pasti dilakukan penindakan, sama seperti UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," kata Ruswanto.

Sementara Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto, mengatakan, pihaknya siap memberikan penindakan tilang kepada pengendara yang melanggar aturan apabila Permenhub itu sudah diterapkan di Kota Cimahi.

"Tapi aturannya kita akan pelajari dulu karena harus dikuasai dulu Permenhubnya seperti apa. Jadi tidak bisa begitu saja kita melakukan penindakan," katanya.

Disinggung terkait merokok saat mengendarai motor, Suharto, menyebut hal itu bisa mengganggu konsentrasi pengendara. Bahkan sejak dulu aktivitas apapun yang mengganggu konsentrasi memang sudah dilarang.

"Namun untuk Permenhub yang ini kami belum mendapat arahan dari instansi terkait, kalau sudah ada nanti akan kita tindak lanjuti," tandasnya.

Baca Lainnya