Kamis, 2 Juni 2022 18:25

Disdik Kabupaten Bandung Barat Lakukan Trauma Healing Kepada Korban Pencabulan

Reporter : Bubun Munawar
Dadang A Supardan, Kabid SD Disdik Kabupaten Bandung Barat
Dadang A Supardan, Kabid SD Disdik Kabupaten Bandung Barat [Istimewa]

Limawktu.id,- Untuk memulihkan psikologis korban pencabulan yang terjadi pada siswi SD di Padalarang, Disdik KBB akan melakukan trauma healing kepada korban.

Kepala Bidang Sekolah Dasar  Disdik, KBB, Dadang A Sapardan mengatakan, trauma healing diberikan untuk memulihkan psikologis korban yang pasti merasa tertekan akibat peristiwa yang dialaminya.

Tak hanya itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), KBB, supaya korban bisa bangkit karena masa depannya masih panjang. Tidak hanya itu, pendidikan anak itu juga harus dijamin bisa selesai.

“Kepala sekolah dan pengawas sudah diintruksikan untuk mengambil langkah-langkah agar hak proses pendidikan anak difasilitasi supaya tuntas serta pendidikannya jangansampai terbengkalai,” katanya, Kamis (2/6/2022).

Terkait adanya aksi pencabulan kepada pelajar, Dadang mengatakan sejauh ini baru menerima informasi kasus yang di Padalarang dan Cipongkor yang menimpa siswi SMP. Dirinya berharap itu kasus terakhir dan tidak ada lagi kejadian serupanya yang muncul.

Sebagai upaya preventif, sekolah sudah diwanti-wanti agar melakukan pemantauan pada siswa dan berkomunikasi intens dengan para orang tua siswa. Sebab adanya pandemi COVID-19 disinyalir menjadi penyebab adanya pelecehan/penyimpangan seksual pada siswa.

"Pengawasan harus lebih ditingkatkan ketika anak di rumah atau di lingkungan sekolah. Jadi ketika ada kejadian, bisa diantisipasi sejak awal," imbuhnya.

Baca Lainnya