Selasa, 9 November 2021 19:11

Disbudparpora Dorong Pokdarwis Kembangkan Desa Wisata

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi mendorong warga yang terlibat  dalam Kelompok Penggerak Sadar Wisata (Pokdarwis) agar memiliki kreativitas dalam mengelola potensi pariwisata di wilayahnya. Hal itu dilakukan karena Kota Cimahi tidak memiliki sumber daya alam yang menjadi obyek wisata.

“Kita mendorong Pokdarwis yang ada di masing-masing kelurahan untuk meningkatkan kreativitasnya untuk mengelola atau menciptakan potensi Desa Wisata di daerahnya,” terang Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi. Budi Raharja, disela kegiatan Pelatihan Pengelolaan Pariwisata , di Simply Valore Hotel, Jalan Baros Kota Cimahi, Selasa (9/11/2021).

Menurutnya, materi pelatihan ini diharapkan akan memotivasi Pokdarwis dalam meningkatkan lagi pengelolaan obyek wisata di daerahnya. Sementara bagi kelurahan yang belum memiliki desa wisata, diharapkan akan menginspirasi warga dalam menciptakan desa wisata di wilayahnya.

“Dengan pelatihan ini diharapkan Pokdarwis yang ada bisa mengelola desa wisata yang baik,” jelasnya.

Dia menyebutkan, Desa wisata adalah desa atau wilayah  yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

“Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik. Di antaranya wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya,” sebutnya.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, dirinya mendorong agar keberadaan desa wisata terus dihidupkan di Kota Cimahi. Mengingat di Cimahi tidak ada sumber daya alam, harus dilakukan usaha agar kreativitas Pokdarwis bisa lebih meningkat lagi.

“Kita akan mengembangkan Wisata Heritage dan Kampung Cireundeu dan Ecowisata yang sebentar lagi dibangun dalam mendongkrak kepariwisataan di Kota Cimahi,” katanya.

 

Baca Lainnya