Jumat, 20 Agustus 2021 14:54

Disbudparpora Cimahi Usulkan 1500 Pelaku Usaha Pariwisata Dapat Bansos

Reporter : Bubun Munawar
Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Nur Saleh
Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Nur Saleh [Istimewa]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Parisiwsata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) akan memberikan bantuan kepada 1500  pelaku wisata dan pegiat kebudayaan di  Kota Cimahi, yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan berupa uamg tunai Rp. 200 ribu perorang, yang berasal dari Pemprov Jabar.

“ Bantuan untuk pelaku wisata dan kebudayaan itu berasal dari Pemerintah provinsi Jawa Barat. Bentuk bantuannya yakni berupa uang tunai senilai Rp 200 ribu per orangnya,” terang  Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Nur Saleh, saat dihubungi Jum'at  (20/8/2021).

Saat ini, kata dia sedang dilakukan verifikasi kepada calon penerima bantuan, dengan usulan sebanyak 15400 -an orang. Baberapa hari lalu pihaknya kedatangan petugas dari Bank BJB terkait sinkroniasai data penerima bantuan tersebut.

“ Nanti ada penyerahan secara simbolis kepada penerima yang penyalurannya dilakukan secara transfer melalui rekening penerima bantuan, kami masih menerima kabar kapan waktu penyerahannya dilaksanakan,  ” katanya.

Jumlah pekerja seni di Cimahi yang diusulkan mendapatkan Bansos ada 956 orang, sisanya adalah para pelaku pariwisata.

Bantuan untuk pelaku usaha wisata ini merupakan program yang digulirkn Kemnterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat Dedi Taufik  mengungkapkan, dampak pandemi sangat dirasakan para pelaku parekraf di Jabar. Beberapa di antara mereka bahkan terpaksa gulung tikar.

Belum lama ini, lanjut Dedi, sebanyak 10 pengusaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa menutup usahanya akibat pandemi Covid-19. Dampak ekonomi pun dirasakan pegiat seni dan budaya. Pegiat seni dan budaya merupakan salah satu pendukung sektor pariwisata.

Baca Lainnya

Topik Populer