Rabu, 11 Juli 2018 12:23

Disbudparpora Cimahi Tingkatkan Peranan Masyarakat dalam Pariwisata

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Meningkatkan pengembangan pariwisata di Kota Cimahi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan meningkatkan peranan masyarakat dalam bidang pariwisata. Hal itu dilakukan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi pada Rabu (11/7).

Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Ero Kusnadi mengungkapkan, pengembangan sektor pariwisata di Kota Cimahi tak lepas dari peranan masyarakat dan seluruh elemen yang ada untuk berkontrubisi dalam pengembangan potensi wisata ini.

Menurut Ero, salah satu hal yang penting dalam pengembangan pariwisata di Kota Cimahi adalah bagimana promosi wisata bisa dilakukan, sehingga potensi wisata yang ada di Kota Cimahi bisa lebih dikenal lagi di Jawa Barat atau Indonesia bahkan manca negara.

“Promosi menjadi bagian yang penting dalam pengembangan pariwisata, termasuk peran serta masyarakat dan elemen yang ada untuk memajukan pariwisata ini,” ungkapnya.

Karenanya, kata Ero Disbudparpora merangkul para pemerhati dan penggerak pariwisata di masyarakat untuk ikut memajukan sektor pariwisata di Kota Cimahi.

“Selain memberikan pembekalan kepada komunitas pariwisata yang ada di Cimahi, kami juga mengajak mereka berkunjung ke Sleman Jogyakarta untuk melihat bagaimana masyarakat disana mengembangkan sektor pariwisata ini,” jelasnya.

Asisten Pemerintahan Pemkot Cimahi Maria Fitriana mengatakan, pengembangan pariwisata di Kota Cimahi membutuhkan komitmen dari seluruh masyarakat dan para pemerhati pariwisata. Meningkatkan kunjungan wisata ke kota Cimahi juga dibutuhkan kreativitas dan inovasi sehingga pariwisata di Kota Cimahi bisa lebih menarik warga luar Kota Cimahi.

“Dengan kreativitas dan inovasi yang dilakukan, akan menjadikan Pariwisata di Kota Cimahi lebih meningkat sehingga memiliki daya jual bagi warga luar Kota Cimahi,” pungkasnya.