Rabu, 2 Mei 2018 13:28

Direktorat Kesenian Kemendikbud RI Pilih Cimahi Gelar Workshop Seni Media, ini Alasannya

Reporter : Fery Bangkit 
Penyelenggaraan workshop 'Seni Media'.
Penyelenggaraan workshop 'Seni Media'. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kota Cimahi terpilih menjadi salah daerah menyelenggarakan workshop 'seni media'. Workshop dilaksanakan dari tanggal 1-4 Mei 2018 di The Simply Valore Hotel Cimahi, Jalan Raya Baros.

Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Kesenian Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) RI dan Cimahi Creative Animation (CCA) itu diikuti 24 animator senior.

Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kemendikbud RI, Tubagus Sukmana mengatakan, workshop seni media ini merupakan salah satu program dari pihaknya.

"Workshop seni media upaya untuk mewadahi, mengembangkan potensi pelaku praktisi dibidang seni. Dalam hal ini seni berbasis media terutama teknologi baik, internet, komputer, video dan lain-lain," katanya saat ditemui usai membuka acara, Rabu (2/4/2018).

Selain Kota Cimahi, ada tiga kota lainnya yang menjadi lokus workshop. Yakni Yogyakarta dengan tema berbasis multimedia, Majalengka dengan tema dunia pertanian dan Depok dengan materi seni publik mural.

"Materinya berbeda-beda. Di Cimahi dikerjasamakan dengan CCA," tuturnya.

Tubagus menjelaskan, dipilihnya Kota Cimahi sebagai lokus workshop dikarenakan kota administratif ini memiliki basis yang kuat tentang dunia animasi.

"Cimahi ini sudah dikenal sebagai kota kreatif, apalagi ada. Jadi memang Cimahi ini memiliki banyak potensi dibidang dunia kreatif, khususnya bidang animasi sebagai fokus pengembangannya, " ujarnya.

Dikatakannya, workshop ini semacam motivasi bahwa banyak pihak yang memperhatikan para pelaku seni teknologi supaya terus berkembang dan eksis.

"Dan berujung pada kesejahteraan buat animator," tandasnya.

Sementara itu, Ketua CCA Kota Cimahi Rudi Sutedja menambahkan, para animator yang terlibat workshop kali ini berasal dari beberapa daerah. Seperti Cimahi, Bandung dan Cianjur.

"Ada 24 orang animator dari Bandung, Cianjur dan Ciamis," katanya.

Dikatakannya, dilibatkannya para animator senior dari Bandung dan Cimahi merupakan langkah rencana perpindahan studio besar dari Jakarta ke Cimahi.

"Nanti akan muncul studio baru dari Jakarta pindah ke Bandung kita menyiapkan itu," ujarnya.

Baca Lainnya