Selasa, 11 Desember 2018 18:04

Dipanggil Bawaslu Terkait Pelanggaran Kampanye, Bupati Bandung Barat Dihujam 20 Lebih Pertanyaan

Reporter : Fery Bangkit 
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. [istimewa]

Limawaktu.id - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna diduga mengkampanyekan salah satu Calon Legislatif (Caleg) saat melakukan kunjungan kerja sebulan lalu di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menurut informasi, dugaan kampanye itu terekam melalui video. Atas hal itu, Badan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun memanggil orang nomor satu di KBB di Bawaslu yang berada di Komplek Permata Cimahi, Selasa (11/12/2018) pukul 14.00 wib. 

Berdasarkan informasi, Aa dimintai keterangan dengan menghadap Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan, Ai Wildani Sri Aidah. Bawaslu KBB memiliki barang bukti berupa video rekaman pelanggaran yang telah dikantongi.

Setelah dimintai keterangan oleh Bawaslu, Aa Umbara pun kemudian memberikan pernyataan dan membenarkan bahwa kedatangannya ke Bawaslu memang ada keterkaitan dengan pelanggaran pemilu. Namun, dia mengklaim saat itu karena spontanitas saja.

"Sebenarnya gak ada unsur kesengajaan dan gak ada niat kampanye. Itu hanya saat ada kegiatan pemerintahan di Cisarua ketika pemberian hibah tanah ke warga masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ai Wildani mengatakan, Bawaslu mengundang Aa Umbara untuk dimintai klarifikasi. Proses pemeriksaan ini akan terus berjalan hingga pada pembahasan kedua bersama anggota Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), sebelum akhirnya memutuskan apakah bersalah atau tidak.

"Saat itu ada ucapan Bupati tapi masih kami periksa apakah terpenuhi unsur formal dan lainnya. Kami miliki dua alat bukti yang akan jadi materi pembahasan di internal, berupa foto dan video," bebernya.

Saat berada di Bawaslu, Ai menyebut pihaknya memberikan pertanyaan sebanyak 20 pertanyaan ditambah pertanyaan lain dari kejaksaan dan kepolisian, serta memberikan pertanyaan mulai pembuka, inti, hingga penutup.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer