Jumat, 9 November 2018 14:11

Dipalak Oknum, Segera Lapor Tim Satgas Saber Pungli Cimahi!

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua Satgas Saber Pungli Kota Cimahi, Kompol Irwansyah.
Ketua Satgas Saber Pungli Kota Cimahi, Kompol Irwansyah. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Kota Cimahi meminta masyarakat aktif melapor jika menemukan praktik pungutan liar (pungli) di Kota Cimahi. Khususnya dalam pelayanan publik.

Ketua Satgas Saber Pungli Kota Cimahi, Kompol Irwansyah mengatakan, laporan atau informasi dari masyarakat sangat penting dalam penindakan praktik pungli. Terlebih lagi, Satgas Saber Pungli dinilai masih kekurangan personel.

Baca Juga : Hati-hati!ASN Terbukti Pungli Bisa Dipecat

"Karena kami ada keterbatasan jumlah personel sehingga kami butuh kerjasama dan informasi apabila ada pungli di Kota Cimahi," imbuhnya saat ditemui usai sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Jumat (9/11/2018).

Untuk antisipasi adanya pungli di Kota Cimahi, Tim Satgas Saber Pungli Kota Cimahi menyasar tempat-tempat sentral pelayanan publik karena tempat tersebut dinilai rawan terjadi pengutan liar.

Tempat pelayanan publik yang rawan adanya pungutan liar tersebut diantaranya, pengadaan barang dan jasa, keuangan dan perbankan, perpajakan, pengelolaan APBN dan APBD, aset negara dan aset daerah serta pelayanan umum.

"Itu yang menjadi target utama Tim Saber Pungli, tapi untuk saat ini kita berupaya untuk melakukan sosialisasi dulu karena adanya pungli tergantung diri sendiri. Sehingga kalau tidak ada niat tidak akan terjadi," beber Irwansyah.

Namun sejauh ini, kata dia, pihaknya belum mendapat informasi terkait adanya pungutan liar di Kota Cimahi. Kendati demikian saat ini Tim Saber Pungli terus mengumpulkan informasi adanya pungli tersebut.

Baca Lainnya