Sabtu, 26 Mei 2018 19:19

Dinsos KBB Terus Jaring 'Gepeng' di Wilayah Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan terus menjaring Orang Dengan Gangguan Jiwa (odgj) dan pengemis 'gepeng' di wilayah Bandung Barat.

Kepala Dinsos KBB, Heri Pratomo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi bersama Satpol PP untuk berkeliling di wilayah KBB, khususnya titik yang biasa menjadi tempat para pengemis atau ODGJ berkeliaran, terutama di jalan protokol.

Baca Juga : Jauh-jauh Ngemis dari Garut ke Cimahi Demi Istri Hamil, Amat pun Diciduk Satpol PP

"Dari hasil koordinasi dengan pemerintah provinsi bahwa gelandangan pengemis (gepeng) musiman mayoritas mereka bukan asli orang sini (KBB) melainkan dari luar," kata Heri di Ngamprah, Sabtu (26/5/2018).

Selama Mei 2018, kata Heri Dinsos KBB sudah beberapa kali mengirim ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua. Tetapi, ketika ada ODGJ yang baru diangkut dan dibawa ke RSJ, keesokan harinya muncul kembali ODGJ yang baru. Disebutkannya, sejak awal 2018 hingga saat ini telah mengirim sebanyak 6 ODGJ ke Cisarua.

Baca Juga : Sebatang Rokok yang Bikin Orang Gila di Cimahi Tertarik Diangkut Satpol PP

"Pada intinya harus ada kesepakatan antara kabupaten kota dalam penanganan ini bukan hanya satu wilayah. Dan di tingkat provinsinya pun harus membentuk tim reaksi cepat," ucapnya.

Baca Lainnya