Jumat, 8 Desember 2017 19:46

Dinkes Cimahi Minta Warga Lapor ke Puskesmas

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi
Illustrasi [Pixabay]

Limawaktu.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menghimbau, apabila ada anggota keluarga yang sakit demam, batuk, sesak napas, nyeri menelan dan nyeri tenggorokan, agar segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Apabila ada anggota keluarga yang kena difteri, maka semua anggota keluarga harus diperiksa juga," imbuh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Cimahi dr. Ars Agustianingsih, via pesan singkat, Jum'at (8/12/2017).

Dijelaskannya, pencegahan difteri bisa dilakukan dengan cara imunisasi dasar DPT tiga kali, saat bayi berumur 2, 3 dan 4 bulan.

Kemudian, imunisasi ulang atau booster umur 18 bulan, diikutkan dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah TD untuk SD kelas I dan TD untuk SD kelas II dan III.

Selain itu pencegahan juga dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yaitu memberikan ASI Eksklusif dan makanan bergizi seimbang, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan status gizi.

"Selain it, cuci tangan pake sabun untuk mencegah penularan penyakit serta perilaku batuk dan memakai masker," tandas Ars. (kit)*