Selasa, 17 Oktober 2023 6:41

Dikdik Apresisasi PMI Gelar Bulan Dana

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyerahkan kupon Bulan Dana PMI kepada Asisten Pemerintahan Yanuar Taufik saat Pencanangan Bulan Dana PMI di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Senin (16/10/2023)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyerahkan kupon Bulan Dana PMI kepada Asisten Pemerintahan Yanuar Taufik saat Pencanangan Bulan Dana PMI di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Senin (16/10/2023) [Diskominfo Kota Cimahi]

Limawaktu.id, Kota Cimahi -  Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengapresiasi keberadaan organisasi PMI yang selama ini telah memberikan penghormatan terhadap jiwa dan kehidupan manusia.  Peran sentral PMI sudah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama berdasarkan Undang – Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, dimana salah satu tugas pokok PMI adalah membantu mengurangi penderitaan sesama tanpa melihat latar belakang, baik suku, agama, ras, bangsa, dan pandangan politik,  dengan semangat kerelawanan atau volunterism.

 “PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan mengemban misi yang sangat mulia, memberikan pelayanan dan membantu mengurangi penderitaan masyarakat dan memberikan bantuan bagi yang membutuhkan” tuturnya, saat mencanangkan Bulan Dana PMI Kota Cimahi, Senin (16/10/2023).

Dia menjelaskan bahwa kehadiran PMI sebagai organisasi non-profit bukanlah untuk mencari keuntungan ekonomi, sehingga kegiatan pelayanannya sangat bergantung kepada dermawan, donor atau para pihak yang peduli pada tugas-tugas kemanusiaan. kondisi ini menunjukkan bahwa keberadaan dan kinerja PMI ditentukan oleh kemampuannya dalam menjaga kepercayaan publik antara lain dengan menunjukkan pelayanan yang mudah, cepat dan tepat, serta dengan biaya yang terjangkau.

 “ oleh karenanya, Bulan Dana PMI merupakan momentum penting untuk membangun kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya gotong royong dengan senantiasa menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan” jelasnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Yanuar Taufik mengungkapkan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi kembali menggelar agenda tahunan penggalangan dana untuk mengumpulkan biaya kegiatan pelayanan PMI, yang dikenal dengan Bulan Dana PMI. Bulan dana PMI Kota Cimahi tahun 2023 dilaksanakan selama 75 hari, mulai dari tanggal 16 Oktober sampai dengan tanggal 29 Desember 2023.

Pencanangan dilakukan Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi  Yanuar Taufik selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Cimahi tahun 2023 mengungkapkan bahwa pada Bulan Dana tahun 2023 ini, PMI Kota Cimahi mencanangkan target raihan donasi sebesar Rp. 328.490.000 (Tiga Ratus Duapuluh Delapan Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah) dengan menyebarkan : 1) Kupon yang bernilai Rp.2.000 sebanyak 45.250 lembar dengan nilai uang sebesar RP. 90.500.000,- 2)  Kupon yang bernilai Rp. 5.000,-  sebanyak 16.318 lembar  dengan  nilai  uang sebesar Rp. 81.590.000,- dan 3) Kartu Derma dengan nilai minimal Rp. 50.000,- sebanyak 3.128 lembar, dengan nilai uang minimal sebesar Rp. 156.400.000,-

Adapun yang menjadi sasaran dalam penyelenggaraan bulan dana PMI Kota Cimahi tahun 2023  adalah 1) ASN di lingkungan Pemkot, Kecamatan dan Kelurahan, 2) Lembaga pendidikan termasuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. 3) Perusahaan umum, BUMN, CV, PT dan lain-lain, 3) Pasar, toko, toko modern, pelaku usaha dan perbankan, 4) Pabrik/industri dan Lembaga Pendidikan Keterampilan.  

Yanuar berharap masyarakat Kota Cimahi dapat berperan aktif dalam membantu kegiatan Bulan Dana ini.

” Bantuan serta peran serta secara aktif seluruh komponen masyarakat tentunya sangat kami harapkan dalam mengembangkan Palang Merah Indonesia di Kota Cimahi untuk sukesnya penyelenggaraan bulan dana PMI Kota Cimahi tahun 2023” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer