Senin, 1 Oktober 2018 9:35

Dihadiri Hengky Kurniawan, Pertamina Resmikan DKDC

Reporter : Fery Bangkit 
Peresmian Desa Kertajaya Creatif Destination (DKCD) Peresmian dihadiri juga Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Sabtu (29/9/2019)
Peresmian Desa Kertajaya Creatif Destination (DKCD) Peresmian dihadiri juga Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Sabtu (29/9/2019) [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat sekarang memiliki Desa Kertajaya Creatif Destination (DKCD).

DKDC yang merupakan sarana meningkatkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat diresmikan Pertamina, Sabtu (29/9/2019). Peresmian dihadiri juga Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

DKCD sendiri merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina, sebab desa ini berada di Ring 1 Terminal bahan Bakar Minyak (BBM). DKCD bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat desa, khususnya di bidang kesenian dan kerajinan tangan.

Unit Manager Communication dan CSR MOR III, Dian Hapsari menjelaskan, bantuan pendampingan kepada masyarakat Desa Kertajaya sudah berjalan sejak tahun 2016. Bukan hanya pendanaan, pihaknya pun membantu pula dalam hal pelatihan hingga pemasarannya.

"Warga desa ini berhasil membuat berbagai kerajinan seperti totebag dari bahan kanvas ramah lingkungan, sablon dan desain grafis. Juga ada olahan kerajinan dari bekas segel monil tanki, hingga makanan untuk balita yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga," katanya.

Pertamina turut menggandeng Balai Seni Barli sebagai tempat memasarkan hasil karya warga desa setempat. Adapun keuntungan hasil penjualan kerajinan, ungkap Dian, digunakan untuk mendukung kegiatan lainnya seperti pembelian bibit pohon sebagai bentuk konservasi lingkungan dan pengembangan PAUD di Desa Kertajaya.

Ke depannya, pihaknya berharap Desa Kertajaya bisa menjadi destinasi wisata kreatif yang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lebih dari itu, dengan hadirnya DKCD ini bisa meningkatkan segi ekonomi atau pendapatan per kapita masyarakat setempat.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan pihak Pertamina ini sejalan dengan rencana pengembangan ekonomi kreatif oleh pemerintah daerah yang diberi nama KBB Creative Center.

"Kerja sama atau kolaborasi dengan pihak swasta diperlukan untuk mengurangi beban anggaran pemda yang terbatas. Pembangunan di Bandung Barat itu perlu dukungan semua pihak, termasuk swasta, "bebernya.

Menurut dia, upaya dalam mengurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah mengembangkan kewirausahaan yang ada di suatu wilayah, termasuk usaha ekonomi kreatif.

"Makanya, dengan KBB Creative Center ini saya ingin memberikan pembinaan secara continue. Jadi, tidak hanya seremonial saja tapi saya ingin ada prestasi yang bisa dibanggakan," tutur Hengky.

Baca Lainnya