Sabtu, 8 Agustus 2020 13:20

Digempur Covid-19, Segini Capaian Investasi di Cimahi pada Semester I

Penulis : Fery Bangkit 
Proyek  KCIC.
Proyek KCIC. [Foto Istimewa]

Cimahi - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi mempbulikasikan data realisasi investasi periode Januari-Juni (Semester I) tahun 2010.

Tercatat, realisasi investasi di Kota Cimahi pada Semester I mencapai Rp 4,364 triliun lebih. Rinciannya, Triwulan I mencapai Rp 4 triliun. Sedangkan realisasi investasi pada Triwulan II hanya mencapai Rp 364,8 miliar.

"Penyumbang terbesarnya masih dari PT KCIC sebesar Rp 135 miliar. Kemudian PT Kahatek Rp 1,7 triliun," terang Seksi Pengendalian dan Pelaksanaan pada DPMPTSP Kota Cimahi, Irma Kumalasari saat dihubungi, Sabtu (8/8/2020).

Ia membeberkan, pada Triwulan I jumlah perusahaan yang melaporkan nilai investasinya memang hanya 57 perusahaan namun jumlahnya cukup besar. Sedangkan pada Triwulan II mencapai 76 perusahaan namun nilai investasinya kecil.

"Triwulan I itu kenapa besar, karena ada pengembangan dari PT Kahatek, ada perluasan kapasitas produksi. Kalau Triwulan II gak banyak pengerjaan fisik, hanya laporan rutin saja," jelas Irma.

Ia berharap pada Semester II khususnya Triwulan III semakin banyak perusahaan yang melaporkan nilai investasinya.

"Apalagi kan sekarang sudah masuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dimana geliat ekonomi mulai tumbuh," ujar Irma.

Untuk menarik investor agar mau menanamkan modalnya di Kota Cimahi, lanjut Irma, rencananya tahun depan pihaknya akan membuat kajian Feasibility Study (FS). Hasil kajiannya akan memuat seputar seberapa besar Kota Cimahi untuk dijadikan tempat investasi para pemodal.

"Tadinya mau tahun ini, tapi anggarannya terkena untuk penanganan Covid-19. Insya Alloh tahun depan kita garap FS, seberapa layak sih berinvestasi di Cimahi," bebernya.

Pihaknya sendiri berharap dengan semakin banyaknya investor yang menanamkan modalnya di Kota Cimahi akan berdampak terhadap lowongan pekerjaan khusus bagi pekerja lokal.

"Harapannya yang inves di Cimahi bawa pekerjanya orang CImahi juga. Bukan dari luar," tukasnya.

Baca Lainnya