Senin, 9 Oktober 2023 20:49

Dicopot jadi Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Mengaku Legowo

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan Berdialog Dengan Warga Keluarga Penemina Manfaat Cadangan Pangan Pemerintah, Di Kantor POs Cimahi, Selasa (26/9/2023) [Diskominfo Kota Cimahi]
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan Berdialog Dengan Warga Keluarga Penemina Manfaat Cadangan Pangan Pemerintah, Di Kantor POs Cimahi, Selasa (26/9/2023) [Diskominfo Kota Cimahi] [Diskominfo Kota Cimahi]

Limawaktu.id, Dikdik Suratno Nugrahawan mengaku  legowo diberhentikan dari jabatannya sebagai Pj Wali Kota Cimahi setelah resmi dicopot oleh Menteri Dalam Negeri, (Mendagri) Tito Karnavian, pada Sabtu 7 Oktober 2023, akhir pekan kemarin.

"Apapun kebijakan Kemendagri, pada dasarnya kami sangat support. Pada kesempatan ini pula saya sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya pada bapak Mendagri yang telah mempercayakan jabatan wali kota pada saya," kata Dikdik kepada awak media, dikutip AyoBandung,  Senin (9/10/2023).

Menurutnyya,  dia  telah bekerja dan berupaya maksimal. Namun apapun hasil yang dicapai, pemerintah pusat yang bisa melakukan penilaian. Karena salah satu indikator keberhasilan Pj Wali Kota adalah menekan inflasi.

Pihaknya sendiri sudah menyampaikan laporan kinerja daerah menangani inflasi. Laporan yang disampaikan bisa menjadi bahan pertimbangan penilaian kepala daerah oleh Kemendagri.

"Sebagai ASN kami sudah dibentuk sebagai pribadi yang loyal, taat, atas apapun yang jadi arahan dan tugas pimpinan dalam hal ini, Mendagri dan pemerintah pusat," jelasnya.

Diberitakan sejumlah media, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian mencopot Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Sutarno Nugrahawan. Hal tersebut dilakukan karena Didik dinilai tidak mampu mengatur inflasi harga beras di wilayahnya.

Tito mengungkapkan hal itu dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi tahun 2023 yang disiarkan melalui Youtube Kemendagri, Senin, 9 Oktober 2023. Tito mulanya menyampaikan Aceh Barat menjadi wilayah yang terbaik dalam pengendalian inflasi.

Tito membandingkan dengan wilayah Cimahi, Jawa Barat. Dia mengaku sudah berkali-kali mengingatkan agar Kota Cimahi untuk mengatur inflasi dan tingginya harga beras.

"Saya sudah berkali-kali ingatkan, tidak juga terkendali padahal dikelilingi daerah penghasil cabai," ujarnya, dikutip detik.com, Senin (9/10/2023).

Baca Lainnya