Rabu, 4 Oktober 2017 16:27

Dianggap Ganggu Rehab Drainase, PDAM Tirta Raharja Geser Pipa Distribusi Air

Reporter : Fery Bangkit 
Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi memperbaiki dranaise di beberapa titik
Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi memperbaiki dranaise di beberapa titik [limawaktu]

Limawaktu.id - PDAM Tirta Raharja memastikan, pipa distirubsi air yang terkena dampak pembangunan drainase di sejumlah titik di Kota Cimahi akan segera digeserkan atau diperbaiki. 

Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja Dadang Supriadi mengatakan, tidak menutup kemungkinan banyak pipa yang harus digeser oleh pihaknya, terkait dengan pembangunan atau rehabilitasi drainase yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi.

 “Kita sudah koordinasi. Sebagian besar pipa sudah kita geserkan. Tinggal beberapa lagi,” ujarnya, saat ditemui di PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Cimahi, Rabu (5/10/2017).

Dia mengatakan, akan terus menyisir titik-titik pipa PDAM yang terkena dampak. Yang jelas, kata dia yang dipastikan terkena dampak ialah pipa besar di sekitar Jalan Cihanjuang dan Sangkuriang. 

Pada dasarnya, ujar Dadang, pihaknya mendukung penataan kota yang tengah dilakukan Pemerintah Kota Cimahi. Namun, terlebih dahulu harus ada koordinasi agar pihaknya bisa melakukan perencanaan pergeseran maupun perbaikan pipa.

 “Kalau mau ada pembangunan (drainase), pasti kita akan menyesuaikan,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi menyatakan, banyaknya kabel dan pipa di saluran drainase turut menjadi hambatan dalam pengerjaan rehabilitasi jalan dan jembatan di Kota Cimahi. 

"Hambatan dalam pengerjaan pemeliharaan fisik terutama banyaknya kabel dan pipa di saluran drainase. Itu bisa memicu banjir karena aliran air tidak lancar," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi, Ainul Yakin. (kit)*

Baca Lainnya