Sabtu, 10 November 2018 12:10

Di Cimahi, Cetak KTP-el Cuma 10 Menit

Reporter : Fery Bangkit 
Tempat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
Tempat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mengakui, sampai saat ini ada sekitar 23 ribu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

"Ada 21 ribu yang belum tercetak. Itu yang dari Print Ready Record (PRR), Suket (surat keterangan) sama yang terkena biometrik," ujar Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah, Sabtu (10/11/2018).

Baca Juga : Sabtu dan Minggu Bisa Mengurus KTP di Kota Cimahi

Pihaknya saat ini tengah menggeber pencetakan KTP-el. Selain untuk kebutuhan warga, juga untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 agar bisa menyalurkan hak pilihnya.

Salah satu upaya dari Disdukcapil Kota Cimahi ialah dengan membuka pelayanan pembuatan KTP-el di hari Sabtu dan Minggu. Jadwal itu akan berlangsung hingga April 2019.

Baca Juga : Jelang Pileg Pilpres 2019, Perekaman KTP-el Sasar Pemula

"Terus, kita itu sekarang perekaman sama pencetakan cuma 10 menit," terang Ade.

Dalam sehari, kata Ade, kapasitas pencetakan KTP-el di Kota Cimahi mencapai 300-500 keping. Sedangkan untuk perekaman, rata-rata 90-125 pemohon.

Sementara untuk ketersediaan blanko, sejauh ini terbilang aman meskipun terus mengalami pengurangan. Tapi, pihaknya terus mengajukan permohonan blanko agar pelayanan pencetakan KTP-el berjalan lancar.

Baca Lainnya