Rabu, 12 Oktober 2022 17:04

Dewan Sidak Pelayanan Disdukcapil Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
Komisi I DPRD Kota Cimahi melakukan Sidak ke Disdukcapil Kota Cimahi, Rabu (12/10/2022).
Komisi I DPRD Kota Cimahi melakukan Sidak ke Disdukcapil Kota Cimahi, Rabu (12/10/2022). [Istimewa]

Limawaktu.id,- Untuk mengetahui sejauhmana pelayanan adminsitrasi kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, empat anggota DPRD Kota Cimahi masing-masing Ketua Komisi I Hendra Saputra, Yulianawati, Iwan Setiawan dan Sobari melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Disdukcapil Kota Cimahi, di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, pada Rabu (12/10/2022).

“Kami melihat secara langsung bagaimana pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan di Disdukcapil,” terangnya.

Dari pantauan yang dilakukan dewan, Disdukcapil Kota Cimahi sudah menggunakan teknologi baru dalam melakukan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) ataupun dokumen kependudukan dan catatan sipil lainnya.

Usai melakukan Sidak ke Disdukcapil, Komisi I DPRD Kota Cimahi juga menyambangi Kantor Camat Cimahi Tengah dan berkomunikasi langsung dengan enam Kepala Kelurahan di Kecamatan Cimahi Tengah, yaitu Kelurahan Baros, Setiamanah, Cigugurtengah, Karang Mekar, Cimahi, dan Kelurahan Padasuka.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi Hendra Saputra meminta agar para lurah untuk melakukan inovasi terkait dengan pelayanan maupun pelaksanaan program pemerintahan, sehingga akan menciptakan pelayanan yang baik untuk masyarakat di Kecamatan Cimahi Tengah.

“Jikapun ada usulan terkait dengan program maupun anggaran, para lurah dipersilakan mengajukannya kepada Pemkot Cimahi yang nantinya akan dikawal oleh dewan melalui Badan Anggaran. Kami harapkan ajukan saja soal disetujui oleh Pemkot Cimahi atau tidak itu bukan masalah,” ungkapnya.

Hendra juga mendorong agar di Kelurahan Setiamanah bisa dibangun Puskesmas, karena saat ini warga Setiamanah masih melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas Padasuka.

“Silakan ajukan saja, itu kan untuk pelayanan kesehatanan, jangan sampai menunggu ada korban,” paparnya.

Dewan juga berharap agar lembaga-lembaga yang ada di masing-masing kelurahan terus dilakukan pembinaan dan pemberdayaan, seperti Karang Taruna, LPM ataupun PKK, sehingga mereka bisa lebih membantu setiap program yang ada di kelurahan.

“Karang Taruna misalnya bisa dilibatkan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Camat Cimahi Tengah Asep Bahtiar mengapresiasi kehadiran Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi di Kecamatan Cimahi Tengah. Sebab, selama ini jarang para anggota komisi untuk turun ke masing-masing Organisasi Perangkata Daerah (OPD).

“Kehadiran dewan akan meningkatkan sinergitas dan silaturahmi antara eksekutif dan legislatif,” pungkasnya.

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer