Minggu, 20 Agustus 2023 7:19

Dewan Pimpinan Cabang Masyarakat Flobamora Matan Hilir Selatan Dilantik

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Ketapang - Sabtu sore, di RT 06 Desa Pelang MHS Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat Organisasi Masyarakat Flobamora, (perkumpulan warga asal "Flores, Alor, Sumba dan Timor" yang berada di Kecamatan Matan Hilir Selatan dan sekitarnya) melaksanakan Pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang periode tahun 2023 s/d 2026 berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Flobamora Ketapang dengan surat bernomor  707/PPFK/PPPPK/VIII/A/2023 serta ditanda tangani oleh Marianus Kepa Byu, A.Md, RMIK (Sekretaris Umum) dan  Yakobus Tamon, S.Ag (Ketua Umum).

Disela kegiatan pelantikan Agus Bili mengatakan,  Flobamora DPC MHS beranggotakan sekira 700 jiwa tersebar di sekitaran desa desa wilayah kecamatan MHS.

"Perkumpulan Pemuda Flobamora adalah wadah kekeluargaan bagi Pemuda Pemudi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tinggal di Wilayah Kecamatan MHS, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat", terang Agus Bili, Sabtu (19/8/2023)

Menurutnya, Flobamora DPC MHS harus mampu menjadi wadah aspirasi dari seluruh anggota dan pengurusnya dalam berkarya di lingkungan tempat tinggalnya masing masing hingga berdampak pada keharmornisan hidup bermasyarakat.

"Flobamora di Kecamatan Matan Hilir Selatan ini juga harus mampu menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintahan Kabupaten Ketapang bahkan Pemerintah Pusat dalam bentuk turut berperan aktip di segala program pembangunan manusia Indonesia sesuai kemampuannya," katanya.

Selain itu, Flobamora di MHS harus juga mampu membina seluruh angotanya agar mampu menjadi tauladan yang baik bagi anak bangsa lainnya, dan Flobamora juga harus mampu perkenalkan, merawat dan kembangkan berbagai Kebudayaan asal NTT di wilayah MHS maupun di tingkat Kabupaten, karena kita ketahui bersama bahwa Indonesia sangat kaya dengan keragaman Seni Budaya dari berbagai Suku Bangsa yang ada di Nusantara ini.

Dia menjelaskan, Anggota Flobamora MHS agar senantiasa perhatikan Kearipan Lokal yang ada dan agar selalu mengingat pepatah "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung".

Dalam acara pelantikan tampak hadir pula Hendrik, Kasi Pelayanan Desa Pelang mewakili Kepala Desa setempat yang berhalangan hadir karena ada kegiatan di tempat lain. Juga nampak juga perwakilan Paguyuban Jawa di MHS, Ketua Masyarakat Adat Melayu, Perwakilan Masyarakat Madura, dan lainnya.

Dalam Sambutannya Hendrik, mengapresiasi sebesar besarnya atas terlantiknya Kepengurusan Flobamora, semoga kedepannya dapat bersinegris secara baik dengan suku suku lainnya yang ada di Matan Hilir Selatan khususnya di Desa Pelang agar semakin kuat persatuan dan kesatuan Masyarakat Indonesia".

 Hendrik menyampaikan arahan tentang aturan administrasi kependudukan bagi warga asal NTT yang berkeingingin pindah status kependukannya.

Adapun daptar susunan Kepengurusan yang dilantik adalah sebagai berikut

Penasehat:

1. Bernabas Gawa

2. Mikael Ngaga

Ketua:

Agus Bili

Sekretaris:

Alfridus Quirinus Tam

Wakil Ketua        :

Martinus Bolo Dadi

Sekretaris II:

Agustinus Umbu Kolo

Bendahara II:

Martina Gia Pio

Humas:

1. Dedi Berdata

2. Yulius Pote Pasa

3. Desi Darius Katu

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer