Kamis, 7 September 2023 0:06

Desi Fernanda Sebut Kota Cimahi Sedang Ada Kevakuman Ketokohan Politik

Penulis : Bubun Munawar
Desi Fernanda, Widyaiswara Ahli Utama, yang juga mantan Deputi Bidang Litbang Administrasi Pembangunan Dan Otomasi Administrasi Negara (APOAN),
Desi Fernanda, Widyaiswara Ahli Utama, yang juga mantan Deputi Bidang Litbang Administrasi Pembangunan Dan Otomasi Administrasi Negara (APOAN), [Istimewa]

Limawaktu.id, Jelang berakhirnya jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan pada Oktober 2023 mendatang nama tersebut masih dominan diusulkan oleh Fraksi-Fraksi di DPRD Kota Cimahi untuk kembali menduduki jabatan Pj Wali Kota Cimahi kedua kalinya, meski masih ada dua nama lainnya yaitu Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat  Dicky Saromi dan  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Hery Antasari.

Menurut  Desi Fernanda, Widyaiswara Ahli Utama, yang juga mantan Deputi Bidang Litbang Administrasi Pembangunan Dan Otomasi Administrasi Negara (APOAN), tidak selalu mudah untuk mencari pejabat apalagi menjelang tahun politik yang akan datang. Terlepas dari kepentingan politik manapun, yang harus dilakukan di Cimahi adalah menjaga momentum yang kondusif untuk terlaksananya proses tahun politik tersebut.

“ Tapi Disisi lain, posisi yg ditawarkan itu sepertinya akan menutup peluang beliau untuk maju dalam pilkada nanti jika dilakukan serentak,” terangnya, Rabu (6/9/2023).

Dikatakannya, Ini juga bisa jadi merupakan move politik untuk menahannya. Karena mungkin saat ini sepertinya di Cimahi sedang ada kevakuman ketokohan politik selain figur PJ Walikota yang ada.

“Maaf itu hanya prakiraan saya yang jauh dari  kondisi kenyataan di Cimahi,” kata Desi yang juga  salah seorang tokoh yang ikut memperjuangkan otonomi Kota Cimahi ini.

Diberitakan Limamwaktu.id  sebelumnya, Tiga Nama disebut-sebut bakal diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi yang akan habis masasa baktinya pada Okober 2023 yang akan datang. Tiga nama yang gadang-gadang untuk diusulkan menjadi Pj Wali Kota Cimahi tersebut yaitu  Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat  Dicky Saromi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Hery Antasari serta Pj Wali Kota saat ini Dikdik Suratno Nugrahawan.

Menurut Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Cimahi Yulianawati, pihaknya sudah melakukan rapat Fraksi untuk mengusulkan siapa nama yang diusulkan fraksinya kepada pimpinan DPRD Kota Cimahi.

“Rabu hari ini kami telah menggelar rapat internal fraksi, dari beberapa nama yang masuk, kami sepakat hanya mengusulkan Pak Dikdik S Nugrahawan yang saat ini masih menjabat sebagap Pj Wali Kota untuk diperpanjang setahun kedepan sebagai Pj Wali Kota Cimahi, “ sebut Yuli, sapaan akrabnya kepada Limawaktu.id, Rabu (6/9/2023).

Hal yang sama disampaikan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Partai Amanat Nasional (PPP/PAN) Agus Solihin. Sama seperti Fraksi Demokrat, Fraksi PPP PAN juga hanya mengusulkan nama Dikdik S Nugrahawan sebagai bakal Pj Wali Kota Cimahi untuk jabatan kedua kalinya.

“Kami sepakat hanya mengusulkan satu nama saja untuk jabatan Pj Wali Kota Cimahi yaitu Pak Dikdik S Nugrahawan, “ terang pria yang akrab disapa Asol. 

Begitupun dengan Fraksi PDI Perjuangan. Ketua Fraksi PDIP Yus Rusnaya menyebutkan pihaknya hanya mengusulkan nama Dikdik S Nugrahawan untuk kembali menduduki jabatan Pj Wali Kota Cimahi setahun kedepan.

“Sejak awal kami sudah komitmen untuk mendukung Pak Dikdik sebagai Pj Wali Kota Cimahi, untuk jabatan setahun kedepan kami masih mengusulkan beliau sebagai Pj Wali Kota Cimahi.  usulan itu sudah  kami sampaikan kepada pimpinan DPRD Kota Cimahi,” sebut Yus Rusnaya saat dihubungi Limawaktu.id.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Wahyu Widiatmoko mengatakan, dari rapat di internal Fraksi PKS, selain nama Dikdik S Nugrahawan, pihaknya juga mengusulkan nama lainnya sebagai Pj Wali Kota Cimahi, yaitu Kepala Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat  Dicky Saromi , serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Hery Antasari.

“Ada tiga nama yang kami usulkan kepada pimpinan DPRD sebagai bakal calon Pj Wali Kota Cimahi untuk jabatan tahun kedua, yaitu pak Dicky Saromi, Pak Hery Antasari dan pak Dikdik S Nugrahawan,” ungkap Wahyu yang juga Ketua DPD PKS ini.

Baca Lainnya