Senin, 19 Maret 2018 19:01

Demi Citarum Harum, Pramuka Jabar Terjunkan Anggotanya

Reporter : Jumadi Kusuma
Ketua Harian Kwarda Pramuka Jabar, Baim Setiawan yang akrab disapa Kak Baim.
Ketua Harian Kwarda Pramuka Jabar, Baim Setiawan yang akrab disapa Kak Baim. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Program citarum Harum yang dimotori kodam III Siliwangi menuai banyak simpati dan dukungan salah satunya dari Gerakan pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat yang akan menerjunkan anggotanya di 13 kota kabupaten.

Demikian disampaikan Ketua Harian Kwarda Pramuka jabar, Baim Setiawan yang akrab disapa Kak Baim, Senin (19/3/18).

Baca Juga : Pangdam III Siliwangi Optimistis Pembenahan Citarum Tuntas 6 Bulan

Kak Baim sangat mengapresiasi para anggota Pramuka yang secara spontanitas baik sebagai perorangan, perwakilan Gugus depan, Kwartir Ranting bahkan Kwartir Cabang yang sudah turut serta terjun ke Citarum bersama Pasukan Siliwangi, terutaman Pramuka dari wilayah Kabupaten dan Kota Bandung.

Menurutnya, cakupan wilayah yang mempengaruhi dan dipengaruhi Sungai Citarum ini sangat besar dan luas, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Ketua Kwarda Jabar, Kak Dede Yusuf beserta 13 Kwartir Cabang Pramuka di Jabar.

Baca Juga : Giatkan Citarum Bersih, Koramil 0901 Lembang Targetkan Tanam 400 Pohon

“Penataan Citarum Harum bukan hanya kebersihan sungainya saja, tapi juga menyangkut kelestarian hutan di wilayah resapan air untuk sumber air Citarum dan anak-anak sungainya. Belum lagi pembangunan pola pikir masyarakat di Jabar terhadap kelestarian dan kebersihan sungai,” lanjut dia.

Selain itu, anggota Pramuka di setiap Kwarcab juga dapat menjaga kebersihan anak-anak sungai atau Sub DAS Citarum yang melewati wilayahnya masing-masing.

"Permasalahan yang ada di Citarum sekarang memerlukan kerja sama berbagai pihak, termasuk Pramuka sebagai bagian dari masyarakat. Bagi Pramuka bergiat di Citarum Harum merupakan wujud pengabdian dan pengamalan Darma kedua dari Dasa Darma Pramuka yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” tutur Kak Baim.

Kak Baim berharap agar seluruh jajaran Pramuka di Jabar dapat pula segera mengambil sikap dan tindakan yang terkoordinir demi kelancaran dan keberhasilan program Citarum Harum yang berjangka panjang.

Baca Lainnya