Kamis, 24 Maret 2022 12:28

Dekranasda Perluas Pasar UMKM KBB di Ajang Inacraft 2022

Reporter : Bubun Munawar
Ketua Dekranasda KBB Sonya Fatmala menggandeng Pegadaian terkait dengan kolaborasi pengembangan potensi pengrajin dan UMKM
Ketua Dekranasda KBB Sonya Fatmala menggandeng Pegadaian terkait dengan kolaborasi pengembangan potensi pengrajin dan UMKM [Instagram]

Limawaktu.id,- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat, Sonya Fatmala mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar global.

Untuk mencapai hal itu, Sonya memanfaatkan momentum Perhelatan Inacraft 2022 untuk mengikutsertakan pelaku mitra UMKM yang terdaftar di Dekranasda KBB menampilkan produk - produk terbaiknya dalam pameran kerajinan terakbar di Indonesia tersebut.

“ Dengan pameran tersebut para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung Barat berpeluang mendapatkan perluasan pasar sehingga dapat terus menjawab potensi pertumbuhan kinerja positif,” terangnya, Kamis (24/3/2022).

Dia menuturkan, partisipasi Dekranasda pada inacraft 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab Bandung Barat terhadap kebangkitan UMKM pasca pandemic Covid-19.

"Kami harap momentum Inacraft dapat menjadi akselerator peningkatan kinerja pelaku UMKM seiring dengan pandemi yang mulai mereda," katanya.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi), Muchsin Ridjan,  Inacraft 2022 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

“Inacraft 2022 diselenggarakan secara daring dan luring dengan mengambil tema "From Smart Village to Global Market, " sebutnya.

Pameran ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring. Pameran ini akan diselenggarakan pada 23-27 Maret 2022, yang dibuka resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

 

Baca Lainnya

Topik Populer