Minggu, 13 Mei 2018 16:26

Debat Pamungkas Pilwalkot Bandung Malam ini

Reporter : Jumadi Kusuma
Ilustrasi
Ilustrasi [KPU Bandung]

Limawaktu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyelenggarakan Debat Publik ketiga Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Bandung 2018 pada hari Minggu (13/5/18) di Hotel Grand Asrilia Jl. Pelajar Pejuang 45 No.123, Turangga, Lengkong, Kota Bandung. 

Debat bertajuk “Harapan Bandung, Harapan Berkemajuan” ini menghadirkan tiga pasangan calon (Paslon) walikota dan wakil walikota Bandung yakni Nurul Qomaril Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat yang merupakan Paslon nomor urut 1, Paslon no urut 2 yakni Yossi Irianto dan Aries Supriyatna, serta Oded Mohamad Danial dan Yana Mulyana dengan nomor urut 3. 

Gelaran debat yang diselenggarakan di Hotel Grand Asrilia Bandung tersebut ditayangkan langsung melalui stasiun televisi nasional TVOne, TVRI, dan Bandung TV pada pukul 19.30 – 21.30 WIB. 

Debat yang dipandu oleh moderator Brigitta Manohara ini terdiri atas tujuh segmen. Pada segmen 1 akan ditayangkan video sosok pemimpin yang diharapkan warga Bandung dan  dilanjutkan presentasi Paslon mengenai Bandung di masa depan. 

Selanjutnya pada segmen 2 Paslon akan saling menanggapi pemaparan pada segmen 1 yang disampaikan Paslon lain. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Paslon menjawab beragam pertanyaan publik yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar dan video pada segmen 3 hingga 6. Pada segmen terakhir para Paslon akan menjawab satu pertanyaan yang sama. 

Sama seperti debat publik yang digelar 15 April 2018 lalu, pertanyaan publik yang muncul dalam acara ini bersumber dari kumpulan pertanyaan warga kota Bandung pada fitur Curhat Wargi di situs resmi pilwalkotbandung2018.id dan akun media sosial resmi Pilwalkot Bandung 2018 yang dikelola KPU Kota Bandung. 

Selain menjawab pertanyaan yang diajukan, jawaban setiap Paslon juga akan dikritisi dan digali lebih dalam oleh panelis. Panelis tersebut antara lain Antik Bintari, S.IP., MT, Prof. Dr. Nanat Fatah Natsir, MS., Dr. Ir. Denny Zulkaidi, MUP., Prof. Dr. Asep Warlan Yusuf, SH.,MH., dan Acuviarta, SE., ME. 

“KPU Kota Bandung berharap debat publik ketiga ini dapat mengedukasi semua warga untuk  menjadi pemilih yang cerdas dan kritis, yang  memilih pemimpin bukan karena fisik tapi karena visi dan misinya untuk membawa Kota Bandung yang lebih baik dan lebih maju lima tahun ke depan”, tutur Suharti, anggota KPU Kota Bandung bidang Teknis dan Partisipasi masyarakat.