Selasa, 13 Maret 2018 14:48

Dear Warga Cimahi yang Masih Punya KK Lama, Baca Nih Permintaan Disdukcapil Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Tempat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Cimahi.
Tempat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kota Cimahi meminta masyarakat aktif untuk memperbaharui Kartu keluarga (kk).

Pasalnya, kini KK lama dengan blanko warna merah dan masih tandatangan camat setempat sudah tidak tidak belaku lagi. Namun, nyatanya di lapangan masih banyak warga yang belum memperbaharui KK lama itu.

Baca Juga : Masa Berlaku KK Merah Telah Berakhir

Berdasarkan pemutakhiran data KK yang baru berlangsung selama dua pekan di wilayah Utara, sudah terdata sekitar 500 KK lama. KK tersebut akan diperbaharui dengan tandatangan langsung Kepala Disdukcapil Kota Cimahi.

"Diharapkan Masyarakat untuk aktif melalui RT/RW sehingga di Cimahi sudah tidak ada KK warna merah dan tandatangan Camat," imbuh Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Niagara Rahardja saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (13/3/2018).

Tujuan diadakannya pemutakhiran KK agar data atau dokumen kependudukan di Kota Cimahi selalu update. Aga, sapaan akrab Niagara mencontohkan, bila status pendidikan pada KK lama masih SD, maka dengan pemutakhiran data KK ini otomatis status pendidikan akan mengalami perubahan.

Rencananya, proses pemutakhiran akan berlangsung hingga semua data KK di Cimahi ter-update semua. Khususnya KK yang masih ditandatangani oleh Camat.

"Targetnya sampai semua KK lama diperbaharui," ucap Aga.

Kepala Disdukcapil Kota Cimahi M Suryadi mengatakan, berdasarkan
Undang-undang Nomor Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, semua administrasi kependudukan termasuk KK harus tandatangan langsung Kepala Dinas kabupaten/kota.

"Itu perintah UUD bahwa KK itu harus tandatangan Kepala Dinas," tegasnya.

Dikatakannya, pihaknya akan melakukan jemput bola ke lapangan hingga semua KK lama milik warga bisa diperbaharui.

"Kita sisir semua KK yang masih tandatangan camat dan elemen KK diperbaiki masalahnya," tandasnya.

Baca Lainnya