Minggu, 10 Juni 2018 15:11

Dear Pemudik, di Cimahi ada Posko Kesehatan Gratis di Alun-alun Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Posko Kesehatan Gratis.
Posko Kesehatan Gratis. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- H-5 Idul Fitri 1439 Hijriyah, Posko Pelayanan kesehatan gratis milik Dinas Kesehatan Kota Cimahi di Alun-alun Cimahi sudah didatangi tujuh pemudik.

Pemudik yang memanfaatkan posko pelayanan gratis itu rata-rata mengeluhkan mual, batuk dan pusing usai menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua.

"Biasanya mereka (pemudik) banyak yang kelelahan, sehingga mengalami pusing lantaran kondisi arus lalu lintas saat H-3 itu sangat padat," ujar Dr Ami, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Cimahi Tengah, saat ditemui di Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya, pemudik yang mengalami pusing saat diperjalanan itu biasanya karena faktor kelelahan kalau yang batuk biasanya faktor polusi akibat arus lalu lintas yang cukup padat tersebut.

"Saat H-3 itu volume kendaraan yang melintas ke sini biasanya meningkat karena pemudiknya sudah mulai banyak," kata Ami.

Atas hal itu, lanjutnya, petugas kesehatan yang siaga di Posko tersebut harus bekerja melayani pasien semaksimal mungkin untuk melayani pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Selain itu, kata Ami, saat H-3 persediaan obat-obatan pun harus ada tambahan, sehingga ketika pasien membludak di Posko tersebut tidak kekurangan obat.

"Ditambah mobil siaga atau mobil ambulans yang baru diterima kelurahan dari Pemkot Cimahi juga akan disediakan selama 24 jam," katanya.

Untuk pasien yang telah mendapat pelayanan gratis di Posko tersebut, lanjutnya, diharuskan beristirahat beberapa jam sebelum melanjutkan perjalanan.

Hal tersebut, agar pasien yang melanjutkan perjalanan tidak kembali mengalami hal yang sama dan kondisi kesehatannya bisa kembali fit.

"Pemudik yang mengalami pusing saat diperjalanan itu biasanya karena faktor kelelahan kalau yang batuk biasanya faktor polusi," kata Ami.

Baca Lainnya