Kamis, 21 Februari 2019 17:17

DBD Meluas, MUI Kota Cimahi Edarkan Surat ke Masjid-masjid, nih Isinya!

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua Majelis Ulamai Indonesia (MUI) Kota Cimahi, K.H Alan Nur Ridwan.
Ketua Majelis Ulamai Indonesia (MUI) Kota Cimahi, K.H Alan Nur Ridwan. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Bakal ada yang berbeda dalam khotbah Shalat Jum'at di masjid-masjid se-Kota Cimahi, besok.

Pasalnya, isi khotbah-nya akan mengupas pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu berkaitan dengan kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) yang kini masih cukup tinggi.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Demam Tinggi, Kenali Gejala dan Tanda Sembuh DBD ini!

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi, K.H Alan Nur Ridwan mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan surat edaran kepada setiap masjid di Kota Cimahi.

"Surat edaran berupa khotbah, jadi diharapkan semua masjid khotbahnya sama mengenai bahaya nyamuk Aedes Aegypty," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (21/2/2019).

Baca Juga : DBD Merebak, Permintaan Madu Membludak

Aedes Aegypty merupakan salah satu nyamuk penyebab DBD. Dikatakannya, tumbuhnya jentik nyamuk hingga tumbuh jadi nyamuk dewasa itu dikarenakan kondisi lingkungan yang kurang terjaga.

Contohnya, dengan membiarkan genangan air di dalam rumah. Padalah, kata dia, jentik nyamuk itu nyaman berkembang biak di genangan air. Untuk itu, kata dia, genangan air itu harus diperiksa secara rutin atau dibuang jika tak terpakai.

Baca Juga : DBD Masih Mengancam, Pemkot Minta Warga Lebih Giatkan PSN

Jika jentik-jentik nyamuk itu dibiarkan berkembangbiak dalam genangan air, itu akan berpotensi tumbuh dewasa dan menjadi ancaman penyebaran kasus DBD. Maka dari itu, melalui khotbah dalam Shalat Jum'at, besok, pihaknya menegaskan bahwa, "Kebersihan adalah sumber kesehatan, kesehatan adalah kenyamanan beribadah," katanya.

Pihaknya mengaku cukup prihatin dengan meluasnya kasus DBD di Kota Cimahi. Maka diawali dengan khotbah berisi seputar DBD, pihaknya ingin menyampaikan akan pentingnya menjaga lingkungan.

"Harapannya masyarakat yang sehat, masyarakat yang nyaman dan maju. Pikiran yang sehat ada pada badan yang sehat," pungkasnya.

Baca Lainnya