Rabu, 31 Januari 2018 12:55

Data Pabrik Pencemar Citarum Simpang Siur

Reporter : Jumadi Kusuma
Sungai Citarum
Pencemaran Sungai [Limawaktu]

Limawaktu.id - Tim Survei Penataan Ekosistem Sungai citarum telah menemukan puluhan pabrik yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat yang membuang berbagai jenis limbah cair ke aliran sungai Citarum. Tim tersebut terdiri dari Kodam III Siliwangi, Dinas lingkungan Hidup, pegiat lingkungan, dan relawan.

Temuan tersebut didapatkan dari kegiatan survei yang dilakukan sejak 17 Januari hingga 23 Januari 2018.

Dilain pihak berdasarkan data Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat ada sekitar 3.400 pabrik yang membuang limbah ke sungai Citarum, demikian pernyataan Direktur Eksekutif WALHI Jabar Dadan Ramdan saat dihubungi limawaktu.id, beberapa waktu lalu.

Sementara itu menurut Wakil Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Yan Rizal Usman menyatakan berdasarkan data tahun 2016 hampir 1.200 pabrik yang buang limbah langsung ke DAS Citarum di 11 kota dan  kabupaten se-Jawa Barat dan juga dari Provinsi DKI Jakarta. Keduabelas kabupaten dan kota itu adalah Kabupaten Sumedang, Bandung, Bandung Barat, Cianjur, Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi dan Kota Bandung, Cimahi, Bekasi serta Jakarta Timur.

Menurut Yan, data survey dari Tim Penataan Ekosistem Sungai Citarum hanya pabrik-pabrik besar saja yang membuang limbah ke Citarum, "Itu yang Industri besar. Besok kan ada Jokowi ke Cisanti  masalah ini", katanya singkat.

 

Baca Lainnya