Kamis, 9 November 2017 18:41

Dari Tukang Cuci Piring, Erwin Akhirnya Menjadi Chef

Reporter : Bubun Munawar
Chef Erwin.
Chef Erwin. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Harus bekerja menjadi tukang cuci piring di sebuah hotel di kawasan Gardujati Bandung, tak membuat Erwin menjadi minder. Malahan pekerjaan yang biasanya banyak dihindari kebanyakan orang itu dijalaninya, demi biaya sekolahnya yang terputus hingga SMP.

“Saat bekerja menjadi tukang cuci piring, saya hanya tamatan SMP, karena keadaan ekonomi yang kurang mendukung untuk melanjutkan sekolah sampai SMA,“ ungkap Erwin, salah seorang Chef di sebuah hotel di Bandung, usai memberikan demo kepada anggota PKK Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (9/11).

Dia melanjutkan, pada 1990 dia bekerja sebagai tukang cuci piring selama dua tahun sambil melanjutkan sekolah dengan biaya yang diperoleh dari penghasilan cuci piringnya. Pada 1993, usai menamatkan sekolahnya di SMA, Erwin pun mendapatkan promosi jabatan sebagai cook helper atau pelayan masak.

“saat jadi cook helper, tugas saya membantu memasak dan menyiapkan bahan, seiring perjalanan waktu, saya pun diangkat jadi tukang masak,” ujarnya mengenang.

Beberapa café, resto sampai hotel berbintang Erwin lakukan untuk mendapatkan penghasilan dan pengalamannya, lalu mulai belajar tentang manajemen resto dan menajamen hotel sampai dia mampu membuat konsep.

“Alhamdulillah jika semuanya dijalani dengan sungguh-sungguh semua cita-cita akan bisa terwujudkan,” katanya.

Tak hanya melaksanakan rutinitas keseharian, kata Erwin, agar memiliki jam terbang yang cukup dan menjajal kemampuannya dibidang ini, Erwin pun sering mengikuti berbagai perlombaan dari mulai tingkat daerah, kota hingga provinsi Jawa Barat. Bagi Erwin, sosok seorang Chef harus bisa mengayomi dan jadi teladan bagi generasi junior cook atau junior chef dan mampu bekerja profesional.

“Kita harus selalu berusaha menggali ilmu dan pengalaman, sehingga memiliki jam terbang yang cukup. Keinginan yang kuat dan kerja keras serta selalu berusaha menambah ilmu dan pengalaman akan menjadikan kita bisa meraih impian, tapi jika semuanya sudah didapat jangan lupa untuk melaksanakan pekerjaan dengan professional” jelasnya.(bun)*

Addien Aladdien
Addien Aladdien

yesss

9 November 2017 18:38 Balas