Rabu, 11 Mei 2022 13:36

Danpussenarmed Inspeksi Kesiapan Latihan Menembak Senjata Berat

Reporter : Bubun Munawar
Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan inspeksi terkait Penyiapan Kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat di  di Cibenda, Ujung genteng, Kab. Sukabumi Jawa Barat, Rabu (11/5/2022).
Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan inspeksi terkait Penyiapan Kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat di Cibenda, Ujung genteng, Kab. Sukabumi Jawa Barat, Rabu (11/5/2022). [Istimewa]

Limawaktu.id,- Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan inspeksi terkait Penyiapan Kegiatan Latihan Menembak Senjata Berat Teknis Terpadu 4 Batalyon Armed. Selain itu Danpussenarmed melaksanakan pengecekan persiapan pada Latbakjtat Terpadu Yonarmed 13/Nanggala, Yonarmed 4/ Parahyangan, Yonarmed 9/ Pasopati dan Yonarmed 10/Brajamusti yang sedang dilaksanakan di Cibenda, Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Rabu (11/5/2022).

Totok Imam Mengungkapkan, dalam inspeksi tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap anggota yang melaksanakan latihan dan memberikan pengarahan kepada prajurit Yonarmed 10/Brajamusti.

Pada pengarahan tersebut disampaikan bahwa Pussenarmed  melibatkan 4 Batalyon dengan Kaliber senjata yang berbeda dari mulai Kaliber 76 mm jarak 8 Km, Kaliber 155 mm meriam Caesar sampai dengan Roket Astros dengan jarak 300 Km yang dalam skenario latihannya menembak dengan jarak 60Km dalam membantu satuan manuver.  

Dia menyebutkan, tahun ini ada perintah dari KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman untuk latihan di daerah Cibenda, Ujung Genteng yang dulu pernah dilaksanakan, namun setelah beberapa tahun ini vakum dan sekarang  Kasad menghendaki Pussenarmed untuk melaksanakan latihan Latbakjtat Terpadu ini.

Rencananya, selain Kasad akan hadir juga para Asisten KASAD, Pangkostrad, Danjen Kopassus Dankodiklat dan para Danpussen, para Dansat jajaran Armed.

“Dalam  momentum ini Bapak Kasad ingin berbagi dengan masyarakat Cibenda, mereleng dan Ujung genteng berupa sembako yang akan diberikan kepada masyarakat,” ujar Totok

Latihan yang digelar Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklat TNI Angjatan Darat ini  berlangsung mulai 10 hingga 14 Mei 2022. Latihan tempur tersebut diikuti  414 orang terdiri dari penyelenggara 50 orang dan pelaku 364 orang.

Dia melanjutkan, dalam latihan tersebut,  Yonarmed 10/Roket/Bradjamusti/1/1 Kostrad akan menembakkan roket Astros II MK 6 di Lapang Cipaku, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

“Sasaran dalam penembakan roket berajarak 300 kilometer ini adalah arah laut,” katanya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer