Jumat, 10 November 2017 22:11

Dandim 0609 Serahkan Tumpeng Kepada Veteran

Dandim 0609/Kab. Bandung menyerahkan tumpeng kepada perwakilan veteran.
Dandim 0609/Kab. Bandung menyerahkan tumpeng kepada perwakilan veteran. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kodim 0609/Kabupaten Bandung menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional, yang jatuh pada tanggal 10 November di lapangan Makodim 0609 Jalan Gatot Subroto Kelurahan Karang Mekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (10/11/2017) sekitar pukul 07.30 WIB.

Dandim 0609 / Kabupaten Bandung, Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Pasilog Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Kapten Cba.  Suprianto bertindak sebagai Komandan Upacara. Adapun pasukan yang terlibat sebanyak 200 personel. Terdiri dari Gabungan  Pamen dan Pama Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Bintara Tamtama  Kodim 0609 /  Kabupaten Bandung, Regu Sub Denpom Cimahi, Peleton ASN  Kodim 0609 / Kabupaten Bandung, dan LVRI, FKPPI Wilayah  Kodim 0609 / Kabupaten Bandung.

Inspektur upacara, Letkol Arh. Andre Wira juga membacakan amanat  dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa terkait peringatan Hari Pahlawan. Ia mengatakan bahwa para pahlawan telah berjuang secara heroik berkorban jiwa dan raga demi merebut dan  mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peristiwa 10 Nopember merupakan peristiwa pengorban para pahlawan yang tidak mengenal menyerah, bersatu tanpa membedakan Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan, demi mempertahankan RI sehingga negara yang sederajat dengan negara lainnya di dunia,” kata Andre saat memberikan sambutannya.

Menurutnya, bangsa yang besar, adalah bangsa yang bisa menghormati pengorbanan para pahlawanya. Dalam  semangat cinta tanah air, diawali dengan sumpah pemuda demi membagun Indonesia. Para pejuang pahlawan tidak mengenal  perbedaan dan mengedepankan kebersamaan demi tegaknya Negara Rebuplik Indonesia.

“Setiap warga negara juga harus meneladani para pengorbanan pahlawan. Kita harus bekerja keras, berjuang menjadi pahlawan lingkungan, pahlawan masyarakat  dan pahlawan Negara Republik Indonesia,” tuturnya.

Usai upacara Hari Pahlawan, Dandim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan memberikan nasi tumpeng untuk para veteran yang berada di wilyah Kodim 0609, setelah itu Dandim dan para veteran makan bersama. (lie)*