Kamis, 9 November 2017 22:30

Dandim 0609 Bersama Warga Bojongsoang Bersihkan Sungai Cikapundung

Reporter : Yulie Kusnawati
Dandim 0609 bersama personil Kodim 0609 dan masyarakat setempat ikut melakukan pengerukan sampah di aliran sungai Cikapundung, di Kec. Bojongsoang.
Dandim 0609 bersama personil Kodim 0609 dan masyarakat setempat ikut melakukan pengerukan sampah di aliran sungai Cikapundung, di Kec. Bojongsoang. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Saat musim penghujan datang, tumpukan sampah di Sungai Cikapundung,  Kampung Cijagra, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, kembali menutupi Sungai. Oleh karena itu, Kodim 0609/Kabupaten Bandung kembali melakukan pengerukan sampah di sungai tersebut.

Dandim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Inf A. Andre Wira Kurniawan mengungkapkan, dalam rangka "Citarum Bestari", pihaknya melakukan pengerukan sampah yang ada di sungai Cikapundung, yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung. 

"Hal ini dilakukan untuk membantu kesulitan warga, khususnya yang berlokasi di dekat Sungai Cikapundung. Ini yang kesekian kali dilakukan, karena sampah ini setiap musim hujan selalu menumpuk," kata Andre saat ditemui di lokasi pengerukan sungai Cikapundung, Kamis (9/11/2017).

Menurutnya, sampah ini selalu datang dan menyumbat di bawah jembatan, pasalnya posisi jembatan  lebih rendah, sehingga sampah-sampah ini menyumbat di jembatan.

"Alat untuk pengerukan, seperti dumtruck dan alat berat disediakan dari Pemkab Bandung. Sedangkan pihaknya menerjunkan belasan personil TNI Kodim 0609 yang dibantu masyarakat untuk melakukan pengerukan dan pembersihan sungai ini," ungkapnya.

Selain mengambil sampah-sampah ini, lanjut Andre, pihaknya pun telah membuat tempat sampah permanen sepanjang sungai wilayah Kodim 0609 sebanyak 49 unit tempat sampah dengan ukuran 5x4 meter.

"Kita juga sudah bekerja sama dengan Pemkab Bandung, supaya tempat sampah ini seminggu dua kali diangkut oleh dumtruck, agar sampah ini tidak lagi masuk ke sungai," paparnya. (lie)*