Selasa, 12 Januari 2021 12:34

Dandim 0609 Ajak Warga Mendukung PPKM di Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
sosialisasi tpu lebak saat untuk jenasah covid-19 kodim 0609
sosialisasi tpu lebak saat untuk jenasah covid-19 kodim 0609 [limawaktu]

Cimahi,- Bertambahnya angka Covid-19 dari dari hari kehari semakin bertambah. Bahkan  dampak dari semakin tingginya angka kematian akibat Covid-19 menyebabkan semakin menurunnya kapasitas lahan pemakaman di Kota Cimahi.

Menurut Dandim 0609 Cimahi Letkol Kav Tody Wahyudi, S.T,  Pemerintah dan Unsur Keamanan (TNI-Polri) yang berada diwilayah Kota Cimahi sedang berkolaborasi untuk melaksanakan PPKM guna meminimalisir penyebaran Covid-19. salah satunya dengan membuat tambahan makam yang diperuntukan bagi mereka yang wafat akibat Covid-19.

“saya mengajak kepada seluruh Stake Holder untuk bersama-mana mendukung pelaksanaan PPKM agar dapat berjalan dengan lancar”, ujar  Tody, saat  sosialisasi TPU Lebak Saat untuk pemakaman Jenazah Covid-19 bertempat di Aula Gedung A Pemkot Cimahi Jl. Rd. Demang Hardjakusumah Kel. Cibabat Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi, Selasa (12/01/2021).

Menurut dia, pemanfaatan TPU Lebak Saat untuk pemakaman Jenazah Covid-19/Pemakaman yang dilakukan secara Protokol Covid-19,  agar Aparat Kewilayahan (RT, RW, Lurah dsb) dapat mensosialikan kepada warga masyarakatnya terkait sebagian tempat TPU Lebak Saat yang akan digunakan untuk pemakaman Jenazah Covid-19, sehingga tidak terjadi penolakan.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengungkapkan, Pemerintah Kota Cimahi akan segera membangun beberapa tempat pemakaman baru khusus Covid-19 di Lebak saat Cipageran,  kapasitas pemakaman baru khusus covid ini salah satunya Sekitar 270 makam.  Pembangunan pemakaman baru ini sangat mendesak karena tempat pemakaman covid-19 di pemakaman Cipageran sudah penuh dan  tinggal tersisa 15.

"Jika tidak segera di lakukan pembuatan pemakaman baru dikhawatirkan dalam seminggu  kedepan akan penuh. Hari ini dilakukan sosialisasi tentang pemakaman Covid-19 di Lebaksaat," pungkasnya.  

Dalam sosialisasi TPU Lebak saat tersebut dihadiri sekitar 50 orang .

Selain Plt. Walikota Cimahi Letkol Purn Ngatiyana, hadir juga  Kapolsek CiImahi Kompol Saidina M S.H,  Kabag Ops Polres Cimahi Kompol Wiharyatmo SH., Staf DPKP Pemkot Cimahi Bpk. Alfred Tambunan, Kasi P2PM Dinkes Pemkot Cimahi  Dr Romi,  Adep B(Kalak BPBD Kota, Kasi RR BPBD Kota Cimahi,  K.E. Yovita, Sekcam Cimahi Utara  Rika M,  Ketua LPM Kota Cimahi Irfan dan perwakilan  warga Kota Cimahi.

Baca Lainnya