Selasa, 15 Juni 2021 18:05

Damkar Cimahi Latih Warga Waspada Kebakaran

Reporter : Bubun Munawar
Warga sedang berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran beberapa waktu lalu
Warga sedang berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran beberapa waktu lalu [limawaktu.id]

Limawaktu.id,- Untuk meminimalisir kebakaran yang terjadi di Kota Cimahi, DInas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi secara rutin melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat dan instansi lainnya. Seperti yang dilakukan pada Selasa (15/6/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penyelamatan pada Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi Uus Supriyadi mengatakan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan sebagai langkah antisipasi  kebakaran. Ancaman bahaya kebakaran dapat membawa bencana besar, dengan akibat yang sangat luas.

"Musibah kebakaran dapat menimbulkan kerugian, mengancam keselamatan jiwa. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran itu, butuh kepedulian serta peran aktif semua pihak,” ujarnya.

Pihaknya memiliki fungsi pencegahan dan mengurangi resiko sekecil apapun dalam musibah kebakaran. Untuk itu peran masyarakat yang terlatih dan paham tentang bahaya kebakaran, baik ditingkat kelurahan, lingkungan pasar, perkantoran, sangat dibutuhkan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran di Kota Cimahi.

"Dengan sosialisasi dan pelatihan ini, kami dari berharap, peserta dapat mengetahui dan menambah pengetahuan, serta wawasan terkait tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran, teori dasar api, kebocoran gas elpiji, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta penanganan awal jika terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing," jelas Uus.

Dalam penyuluhan, peserta diberikan materi, diantaranya kepemadaman, penanganan kebocoran gas elpiji, pengetahuan tentang APAR, serta praktek pemadaman api dengan metode tradisional dan modern.

"Memberi pengetahuan dasar kepada masyarakat tentang penanganan kebakaran, penyebab, tanda-tanda, dan penanganan kebakaran. Terutama yang disebabkan oleh gas elpiji. Sekaligus memberi tips agar tidak panik menghadapi api," beber Uus.

Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta, sehingga dapat membantu memberikan pertolongan atau upaya awal dalam penanganan bahaya kebakaran. Pihaknya juga mengimbau masyarakat, untuk peduli dengan upaya pencegahan bahaya kebakaran. Pemadaman dan pencegahan kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tapi juga tanggungjawab masyarakat pada umumnya.

Baca Lainnya