Kamis, 8 November 2018 10:43

Dalam Hitungan Hari, Aspal di Jalan ini Sudah Rusak Dihantam Air

Reporter : Fery Bangkit 
 Salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah adalah Jalan Mahar Martanegara.
Salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah adalah Jalan Mahar Martanegara. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Hujan deras yang melanda Kota Cimahi akhir-akhir ini berdampak pada sejumlah ruas jalan. Tak hanya genangan, hujan juga berdampak pada rusaknya aspal jalan.

Berdasarkan pantauan Kamis (8/11/2018) pagi, salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah adalah Jalan Mahar Martanegara.

Baca Juga : Rp 18 Miliar untuk Perbaikan Ruas Jalan di Bandung Barat

Dari total jalan sepanjang 2,6 kilometer itu, ada sekitar 70 meter yang mengalami kerusakan yang sangat parah. Jalan yang rusak itu berada di sekitar Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Aspal peninggi jalan berupa hotmix itu mengelupas akibat dihantam air deras yang datang dari aliran Sungai Ciputri. Padahal, jalan tersebut baru saja selesai dihotmix sekitar empat hari lalu.

Terpantau petugas dari Pemerintah Kota Cimahi tengah membereskan lapisan aspal yang mengelupas. Arus lalu lintas dari arah Cimindi menuju Leuwigajah maupun sebaliknya menjadi tersendat.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah menuturkan, kerusakan jalan tersebut murni dikarenakan derasnya air yang masuk dari Sungai Ciputri.

"Itu murni karena arus air yang kuat. Kalau kualitas aspalnya sangat bagus," kata Wilman saat ditemui di sekitar Jalan Mahar Martanegara, Kamis (8/11/2018).

Untuk penanganannya, pihaknya akan memperbaiki dalam waktu dekat ini. Ia akan meminta kontraktor pemenang jalan itu untuk memperbaiki ulang. Untuk besaran biaya, pihaknya belum bisa merinci.

"Itu akan dihotmix ulang. Kita kan ada program pemeliharaan jalan," ucap Wilman.

Baca Lainnya