Senin, 16 April 2018 17:51

Daftar Tunggu Rutilahu di Cimahi Capai 2.500

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota Cimahi akan mendata ulang Rumah Layak Tidak Huni (Rutilahu) yang belum terehabilitasi melalui bantuan. Pendataan dilakukan untuk mengetahui jumlah keseluruhan rumah tidak layak huni di Cimahi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana mengatakan, berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan tahun 2016, daftar tunggu Rutilahu mencapai sekitar 2.500 rumah.

"Sekarang belum diupdate lagi daftar tunggunya. InsyaAlloh tahun ini akan diupdate data lagi," katanya saat ditemui di Gedung Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Senin (16/4/2018).

Dikatakannya, dengan pendataan terbaru, pihaknya baru akan mengetahui berapa jumlah daftar tunggu Rutilahu yang harus diberikan bantuan berupa perbaikan dari pemerintah.

Selain itu, kata Nur, bagi warga yang memang rumahnya memang tidak layak huni dan belum terdaftar untuk segera melapor ke pihak RT/RW setempat. Kemudian nantinya pihak aparat setempat akan melaporkannya ke kelurahan.

Hasilnya, maka akan dilaporkan ke Wali Kota Cimahi lewat daftar Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) untuk perbaikan Rutilahu. Berdasarkan usulan itu, kemudian Wali Kota mendisposisikan usulan CPCL kepada DPKP.

"Untuk kemudian kami memverifikasi kelayakan usulan tersebut. Dari hasil verifikasi, baru nanti itu dilakukan seperti (sosialisasi) ini," tandasnya.