Selasa, 12 Juni 2018 15:53

Cuti Panjang Pengaruhi Lengangnya Arus Mudik di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Arus lalu lintas di Kota Cimahi H-4 hingga pukul 16.30 WIB masih terpantau lengang.
Arus lalu lintas di Kota Cimahi H-4 hingga pukul 16.30 WIB masih terpantau lengang. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Arus lalu lintas di Kota Cimahi H-4 hingga pukul 16.30 WIB masih terpantau lengang.

Jalan Amir Mahmud yang biasanya dilalui para pemudik masih nampak sepi. Belum terlihat ada lonjakan kendaraan pemudik. Sedangkan kendaraan roda empat dipastikan lebih memilih melewati ruas jalan tol.

Kota Cimahi sendiri merupakan daerah lintasan para pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua yang hendak menuju Garut, Sumedang, Ciamis dan sekitarnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang mengatakan, lancarnya arus mudik di Kota Cimahi dikarenakan beberapa faktor.

Di antaranya sudah menjamurnya pelayanan mudik gratis yang disediakan berbagai instansi, termasuk Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

"Sehingga warga yang bawa kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor relatif berkurang," kata Endang.

Selain itu, menurut Endang, berkurangnya minat pemudik menggunakan motor disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan motor saat mudik lebaran, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Faktor penyebab lengangnya jalanan di Cimahi dilalui pemudik disinyalir karena libur panjang. Libur panjang sendiri berlangsung dari 11-20 Juni 2018.

"Iya salah satu faktornya karena libur lumayan panjang tahun ini," tutur Endang.

Dikatakan Endang, puncak arus mudik yang lewat di Kota Cimahi sendiri sudah terjadi pada Sabtu (9/6/2018). Diprediksi puncak kepadatan kedua akan terjadi pada H-2 lebaran.

"Diprediksi lonjakan arus mudik akan terjadi hari Rabu (13/6/2018)," tandasnya.