Selasa, 13 November 2018 17:45

Cuitan Netizen Soal Mengelupasnya Jalan Mahar Martanegara:Dijamin itu aspal pabrik Ajay

Reporter : Fery Bangkit 
Beberapa Cuitan Netizen soal mengelupasnya jalan.
Beberapa Cuitan Netizen soal mengelupasnya jalan. [Facebook]

Limawaktu.id, Cimahi - Mengelupasnya aspal Jalan Mahar Martanegara masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Tak terkecuali pengguna media sosial facebook.

Seperti diketahui, jalan yang baru di-hotmix beberawa waktu lalu itu mengelupas pada Rabu (7/11) sepanjang 80 meter. Kemudian, kerusakan bertambah jadi 150 meter ketika hujan deras kembali menghujam pada Minggu (11/11).

Baca Juga : Kerusakan Jalan Senilai Rp 1,3 Miliar Bertambah, Kok Bisa?

Sebelumnya, Pemkot Cimahi menggelontrokan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar untuk mengaspal Jalan Mahar Martanegara sepanjang 445 meter, dari total keseluruhan panjang jalan 2,6 kilometer.

Mengelupasnya Jalan Mahar Martanegara itupun dibagikan akun bernama Edi Muklhas K di grup facebook 'Urang Cimahi' pada Minggu (11/11/2018). Hingga sekarang, unggahan itu sudah dikomentari 149 pengguna facebook.

Baca Juga : Baru Beberapa Hari Sudah Rusak, DPRD Kota Cimahi Pertanyakan Kualitas Aspal Jalan di Cimahi

Sebagian besar netizen mengkritik kualitas pembangunan aspal yang diinisiasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Bahkan, ada juga netizen yang menduga bahwa yang mengerjakan proyek jalan tersebut adalah perusahaan milik Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. 

"Kaciri pisan dibere aspal nu murah (sangat terlihat dikasih aspal yang murah)," ucap akun Boni Iswanto.

"Nu jadi pertanyaan naha pengaspalan selalu usum hujan (yang jadi pertanyaan kenapa pengaspalan selalu musim hujan)," tanya akun Adi Schecter.

"Dijamin itu aspal pabrik Ajay," tulis akun Memei Ning.

Namun, dibalik kritikan dan dugaan itu, adapula yang bersikap bijak terhadap permasalahan kerusakan jalan yang baru seumur jagung itu.

"Masyarakat juga, mari kita bantu pemerintah dengan menjaga apapun yg ada. Jangan buang sampah sembarangan, lebih2 ke sungai. Dibuat bagus sekalipun jalannya, kena air deras habis," tulis akun Heri Armunanto.

Sebelumnya, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna menyebut, mengelupasnya aspal di Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi yang harus bertanggungjawab dalam hal ini yakni perusahan pemenang lelang atau kontraktor.

"Iya betul yang harus bertanggungjawab dalam hal ini kontraktor. Untuk pemeliharaannya sejauh ini aman, yang terpenting tidak ada yang dilanggar," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Selasa (13/11/2018).

Disinggung terkait kualitas aspal yang digunakan dalam proyek tersebut merupakan aspal yang tidak sesuai spesifikasi, Ajay membatahnya. Sebab, luapan air yang menggerus jalan tersebut memang sangat deras.

Terlebih, lanjut dia, hingga saat ini proyek pengaspalan atau overlay jalan tersebut dalam tahap pemeliharaan pihak Pemerintah Kota Cimahi, dalam hal ini Dinas PUPR hingga tiga bulan kedepan.

"Untuk pengelupasan aspal itu karena luapan air dari Sungai Ciputri masuk ke pori-pori aspal yang dibawah lapisan aspal itu beton. Jadi mengelupas saat diterjang luapan air," kata Ajay.

Untuk saat ini pihaknya Pemerintah Kota Cimahi hanya melakukan pembersihan sisa aspal di jalan tersebut agar tidak menganggu arus lalu lintas.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer