Minggu, 19 Januari 2020 12:19

Cuaca Diprediksi Ekstrem Seminggu ke Depan, ini Sebabnya!

Ilustrasi Cuaca Ekstrem Net
Ilustrasi Cuaca Ekstrem Net [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, seminggu ke depan akan ada potensi cuaca ekstrem. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat waspada.

Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya, mengatakan cuaca ekstrem tersebut disebabkan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Kami memprakirakan dalam periode sepekan kedepan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi semua wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat," ujar Tony saat dihubungi, Minggu (19/1/2020).

Berdasarkan Peta Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat di Indonesia,  diwaspadai potensi banjir dan longsor untuk hingga cuaca ekstrem berakhir.

Beberapa wilayah yang berpotensi banjir dan longsor diantaranya Sumatera Barat (siaga), Sumatera Selatan (siaga), Jambi (siaga), Jawa Barat (Siaga), Aceh (waspada), Sumatera Utara (waspada), Lampung (waspada), Jawa Tengah (Waspada), Jawa Timur (Waspada), dan Sulawesi Selatan (Waspada)

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, serta pohon tumbang," bebernya.

Baca Lainnya