Senin, 5 November 2018 14:20

Cover 15 Kelurahan, BPBD Butuh Tambahan Personel

Reporter : Fery Bangkit 
Banjir Yang Terjadi Di RW 2 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.
Banjir Yang Terjadi Di RW 2 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Dani Bastiani menyebutkan, personelnya saat ini sangat minim untuk meng-cover tiga kelurahan, 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

Hingga kini personel BPBD Kota Cimahi berjumlah 34 orang. Namun, dalam seharinya yang siaga 24 di lapangan hanya 11 orang.

"Jumlah Satuan Tugas (Satgas) perharinya hanya 11 orang dan itu belum cukup," kata Dani saat ditemui di Kantor BPBD, Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, Senin (5/11/2018).

Sehingga jika terjadi bencana secara bersamaan seperti Pohon tumbang, longsor dan banjir BPBD akan sedikit kewalahan.

Dia menambahkan, Idealnya dalam Satgas perharinya beranggotakan 30 orang. Jadi, jika terjadi bencana secara bersamaan pihaknya tidak kewalahan dalam pembagian tugas.

"Idealnya beranggotakan 30 orang Satgas perharinya, sehingga tidak akan kewahalahan dalam pembagian tugas jika terjadi bencana bersamaan," ungkapnya.

Pihaknya akan melibatkan beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk mengantisipasi kekurangan anggota di lapangan.

Sebagaimana diketahui, dalam sepekan terakhir di Kota Cimahi telah terjadi dua kejadian pohon tumbang, banjir di kawasan Melong dan Longsor di kawasan Cipageran. 

Atas kejadian tersebut BPBD Kota Cimahi berkoordinasi bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pemadam Kebakaran dan Satpol PP dalam menanganinya.

Baca Lainnya