Kamis, 25 Februari 2021 14:31

Ciptakan Desa Berbasis Teknologi Informasi dengan Web Desaku

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melaunching Web Desaku, Kamis (25/2/2021)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melaunching Web Desaku, Kamis (25/2/2021) [humas]

Limawaktu.id,- Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui Diskominfo Kabupaten Purwakarta, mendorong agar wilayah pedesaan bisa menjadi wilayah berbasis teknologi dan informasi di era digital seperti sekarang. Salah satunya dengan program Webdesaku , yang meupakan salah satu inovasi teknologi yang saat ini digagas oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

 “Terobosan ini, merupakan salah satu wujud dari program Desa Cerdas yang dikeluarkan tahun lalu,” terang Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Kamis (25/2/2021).

 Menurutnya, dalam website dengan tagline Desa Cerdas Untuk Purwakarta Istimewa ini,  terdapat kanal jual beli online produk desa dengan nama Lapak Online Desa.

 Dengan domain desa dot id (desa.id), Webdesaku merupakan website resmi desa yang ada di Kabupaten Purwakarta dengan menggabungkan konsep e-commerce dan layanan pemerintah desa lainnya, serta memberikan keterbukaan publik mengenai aktivitas desa.

 “Webdesaku juga salah satu isi dari program Desa Cerdas (Smart Village) yang merupakan bagian dari program Kota Cerdas (Smart City) yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo dan Kemendes,” jelasnya.

 Hal ini merupakan implementasi dari salah satu Program Sembilan Langkah Melanjutkan Purwakarta Istimewa yaitu, Pengembangan desa berbasis produk unggulan dan pengembangan investasi yang dikelola Bumdes.

 “Nantinya, Webdesaku menjadi fasilitas promosi untuk produk-produk unggulan desa, sekaligus pelayanan masyarakat terkait dengan fasilitas pembayaran seperti pembayaran pajak kendaraan, dan lainnya,” pungkasnya.

Baca Lainnya