Minggu, 29 April 2018 17:04

Cimahi Bukan Target Utama Para Pekerja Asing

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net Edited]

Limawaktu.id,- Tercatat memililik 593 perusahaan, Kota cimahi ternyata bukan menjadi target Tenaga Kerja asing (tka) untuk bekerja.

Berdasarkan klaim Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, jumlah TKA yang sudah memiliki izin sebanyak 70 orang. pekerja asing tersebut berasal dari China, Jepang dan Korea.

Kepala Disnakertrans Kota Cimahi, Supendi Heriyadi mengatakan, dengan adanya TKA di Cimahi tersebut, berdampak positif untuk perusahaan, khususnya tenaga kerja lokal untuk meningkatkan pengetahuannya pada peralatan perusahaan yang dibeli dari luar negeri tersebut.

Baca Juga : Tenaga Kerja Asing Mengadu Nasib di Cimahi

"Misalkan perusahaan membeli mesin dari China, nah yang bisa dan mengerti mesin itu tenaga kerja asing dan itu bisa dijadikan pembelajaran untuk tenaga kerja lokal," katanya saat dihubungi, Minggu (29/4/2018).

Atas hal itu, lanjutnya, dalam persyaratan tenaga kerja asing yang bekerja di sejumlah perusahaan swasta di Kota Cimahi harus ada pendampingan dari tenaga kerja lokal ketika melakukan pekerjaannya.

Kendati demikian, meskipun adanya tenaga kerja asing yang bekerja di sejumlah perusahan swasta di Kota Cimahi tersebut, kata Supendi, Disnakertrans menghimbau kepada masyarakat terutama angkatan kerja harus memiliki kompetensi yang baik.

"Itu karena jika tenaga lokal sudah bisa, tenaga asing harus pergi ke negaranya agar tidak terlalu banyak tenaga asing di perusahaan di kota Cimahi," katanya.
Sedangkan untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan pengetahuan tenaga kerja lokal, pihaknya pun kerap menyelenggarakan pelatihan untuk tenaga kerja lokal.

Baca Lainnya