Jumat, 30 Agustus 2019 14:39

Cikalong Wetan Disasar jadi Ibu Kota Jabar, Wabup Hengky:Kita juga Berencana Bangun Hollywood

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi Walani di Cikalong Wetan
Ilustrasi Walani di Cikalong Wetan [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menyebutkan pihaknya berencana membangun stadion dan juga Hollywood baru atau studio syuting di Cikalong Wetan. Lokasi yang rencanannya bakal dijadikan Ibu Kota Jawa Barat.

Rencana pembangunan Hollywood di Cikalong Wetan dinilainya bakal mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Apalagi benar-benar dipilih menjadi Ibu Kota Jawa Barat. "Perpindahan ibu kota ke KBB saya nilai sangat tepat," kata Hengky, kemarin.

Secara keseluruhan, tegas Hengky, KBB soal untuk dijadikan pusat pemerintahan atau Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. 
Sebelumnya, wacana pemindahan ibu kota provinsi diutarakan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Ada tiga wilayah yang diproyeksikan, salahsatunya di Walini yang berada di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Sebetulnya wacana ini sudah lama ya setahu saya. Jadi memang sebelum pemerintahan Kang Emil pindah ke Walini, hanya waktunya saja kita belum tahu, menunggu kesiapan dari provinsi," beberny. Hengky mengatakan, jika pusat pemerintahan provinsi pindah ke Walini tentunya akan mempercepat laju pembangunan di KBB. Potensi wisata lokal dan ekonomi daerah bisa terkatrol cepat.

"Mungkin sama seperti yang dirasakan oleh masyarakat di Kalimantan Timur yang sebentar lagi jadi ibu kota negara. Percepatan pembangunan pasti akan maju dengan sendirinya," katanya. Sarana penunjang infrastruktur untuk menunjang ibu kota provinsi pun kini tengah disiapkan di Walini. Seperti Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat Bandung - Jakarta dan juga dibukanya exit tol Cikalong. Secara iklim pun, wilayah Walini masih terbilang sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian. "Kalau mungkin di Kota Bandung sudah sangat padat," pungkasnya. 

Baca Lainnya

Topik Populer