Kamis, 14 April 2022 14:43

Ciburial dan Cibiru Wetan jadi Desa Anti Korupsi di Kabupaten Bandung

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima Tin KPK di Rumah Dinas, Kamis (14/4/2021)
Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima Tim KPK di Rumah Dinas, Kamis (14/4/2021) [Instagram]

Limawaktu.id,- Bupati Bandung Dadang Supriatna mengusulkan dua desa di wilayahnya untuk menjadi Desa Anti Korupsi. Kedua desa tersebut yaitu  Desa Ciburial dan Desa Cibiru Wetan.

Hal itu disampaikannya usai menerima kunjungan dari tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pembentukan desa antikorupsi di Rumah Dinas Bupati, Kamis (14/4/2022).

Menurutnya kedua desa tersebut diusulkan menjadi Desa Anti Korupsi, karena sudah memenuhi kriteria lima indikator Desa Anti Korupsi, yaitu penguatan tata laksana, pengawasan, kualitas barang publik, untuk partisipasi masyarakat, dan kearifan lokal.

“Saya kira, sudah saatnya desa ini bersih dan bebas dari korupsi. Sehingga pelayanan dan termasuk pelaksanaan program-program berikut anggaranya dapat dilaksanakan secara maksimal, sesuai dengan harapan,” katanya.

Seperti Diketahui,  peluncuran Program Desa Anti Korupsi berawal dari banyak laporan masyarakat tentang penyelewengan uang negara oleh oknum pemerintah desa, akan tetapi KPK sebagai lembaga antirasuah itu tidak dapat melakukan penindakan.

"Karena ada aturan Kepala Desa itu bukan pejabat negara, bukan penyelenggara negara dan itu bukan kewenangan KPK," jelas  Wakil Ketua KPK, Alexander Marwatam beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, ia berkoordinasi dengan Kemendes PDTT supaya laporan-laporan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan cermat dan bijaksana.

“Akhirnya lahir program Desa AntiKorupsi dengan tujuan mengantisipasi penyalahgunaan uang negara atau Dana Desa,” paparnya.

Baca Lainnya