Jumat, 13 September 2019 14:48

Cek Informasi Terbaru Perkiraan Cuaca di Jabar

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi Prakiraan Cuaca net
Ilustrasi Prakiraan Cuaca net [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung merilis kondisi prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Jawa Barat. Termasuk di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil monitoring, terlihat ada potensi turunnya hujan pada dasarian ke 2 bulan September ini. Namun intensitasnya hanya hujan ringan.

"Secara umum prakiraan cuacanya cerah hingga berawan dari pagi sampai malam. Ada potensi hujan ringan di wilayah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi," terang Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Jumat (13/9/2019).

Kondisi cuaca cerah dan berawan tersebut menyebabkan hembusan angin yang cukup kencang dan kondisi suhu yang cukup dingin. "Di selatan Jawa Barat misalnya, suhu terendah bisa sampai 17 derajat, tertinggi sampai 33. Kalau angin jelas kencang, bahkan sampai 35 km/jam," ungkapnya.

Potensi bencana yang terjadi pada musim kemarau panjang ini antara lain gelombang tinggi di perairan, kebakaran, angin puting beliung, dan kekeringan. "Hampir semuanya sudah terjadi, tapi konsentrasinya berbeda-beda tiap daerah. Di perairan selatan dan utara Jawa itu gelombang sampai 4 meter. Kebakaran lebih banyak terjadi di Kalimantan dan Sumatera. Kalau kekeringan hampir merata di seluruh Indonesia," jelasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan menghadapi cuaca dingin serta asap dari kebakaran hutan dan lahan di sebagian wilayah. "Kami juga imbau nelayan tidak melaut kalau kondisi gelombang memburuk. Untuk masyarakat di Sumatera dan Kalimantan agar mengenakan masker karena asap dari kebakaran sangat beresiko menggangu kesehatan," tandasnya.

Baca Lainnya