Kamis, 13 Januari 2022 21:33

Cegah Omicron, Ridwan Kamil Sarankan Warga Liburan ke Situ Bagendit

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mengantisipasi makin merebaknya kasus Omicron di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan warga Jawa Barat khususnya menengah keatas yang biasa berwisata ke luar negeri untuk menunda wisata atau perjalanan ke luar negeri.

“Jika ingin tetap liburan, saya menyarankan lebih baik berkunjung ke Situ Bagendit atau Curug Cimahi,” terang Emil, disela peresmian jembatan Leuwigajah, Rabu (12/01/2022).

Menurutnya, Sesuai arahan Presiden Jokowi, terutama  golongan menengah atas, hindari dulu bepergian ke luar negeri dalam beberapa pekan ke depan, salah satunya adalah Turki, yang saat ini sedang merebak kasus omicron. 

Dikatakannya, ada delapan kasus Omicron di Jawa Barat yang ditemukan, namun itu bukan penularan di wilayah Jawa Barat, karena mereka yang terkena omicron adalah warga yang ber KTP Jawa Barat tetapi  baru pulang dari luar negeri.

“Mereka yang terkena omricon ada di Kabupaten Bandung dan sedang ditangani di Rumah Sakit Al Ikhsan Bandung,” papar Emil

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, hingga saat ini Kota Cimahi Nol persen kasus Covid-19, namun situasi ini jangan membuat lengah warga apalagi euphoria. Untuk mencegah varian omicron, Ngatiayana menghimbau warga tetap melakukan protokol kesehatan, diantaranya dengan menggunakan masker.

Untuk mencegah penularan omicron di Kota Cimahi, Ngatiyana meminta Satgas Covid-19 di semua tingkatan untuk melakukan pemantauan kepada mereka yang datang dari luar negeri. Jika ada yang baru datang dari luar negeri dipastikan mereka harus melakukan isolasi mandiri antara empat hari atau seminggu.

“Satgas Covid harus mendeteksi siapa saja warga Cimahi yang tiba dari luar negeri, sehingga omicron bisa dicegah penyebarannya di Kota Cimahi,” pungkasnya.

Baca Lainnya