Jumat, 10 Mei 2019 15:51

Cegah Kanker Leher Rahim dengan IVA Test

Reporter : Fery Bangkit 
 Tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Tes IVA).
Tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Tes IVA). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menekankan betapa pentingnya masyarakat, khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) untuk melaksanakan Tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Tes IVA).

Sebab, kata dia, dengan tes tersebut, dapat diketahui secara dini jika ada lesi pra kanker serviks atau kanker leher rahim. "Kenapa perlu IVA Test? IVA Test ini untuk mendeteksi dini kanker rahim yang kebanyakan diderita kaum wanita," tegas Pratiwi saat ditemui disela-sela menerima Tim Verifikasi IVA Test Tingkat Nasional di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5/2019). 

Baca Juga : Kanker Serviks jadi Hantu Menakutkan, Ajay Dorong Warga Rutin Iva Test

Dinas Kesehatan Kota Cimahi mencatat, sejauh ini PUS yang mengikuti IVA Tes mencapai 13.803 pasangan. Dari hasil tes yang dilakukan sejak tahun 2015 itu, pasangan yang diduga terkena kanker serviks mencapai 47 orang. 

"Positif diduga ada kecenderungan kanker. Masih kecil benjolan kecil," ujar Pratiwi.

Tapi, kata dia, dari jumlah komulatif sejak tahun 2015 itu, semuanya bisa ditangani. Apalagi, kata Pratiwi, semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Cimahi sudah membuka pelayanan krioterapi atau terapi pencegahan kanker serviks.

"Jadi sedini mungkin kalau ada tanda-tanda positif cepat di antisipasi untuk ditangani di Puskemas. Jadi tidak menjadi ganas," pungkasnya.

Baca Lainnya